Dadiah Keju Tradisional Khas Sumatra Barat Berbahan Susu

Indonesia Terkenal dengan Makanan Tradisionalnya terutama dar pulau Sumatera Barat ini memiliki Dadiah Keju Tradisional yang terbuat dari Susu

Keju merupakan makanan olahan yang berasal dari susu, Keju sendiri diperkirakan sudah ada berabad abad. Keju dibuat dengan menggunakan bahan susu sapi segar yang dicampur dengan Bebagai unsur pengental.

Pengentalan dalam pembuatan keju menggunakan bakteri dan Enzim yang akan mengubah susu cair menjadi gummpalan. Keju sendiri memiliki berbagai jenis dan tingkat pengolahan yang berbeda beda.

Keju sendiri dikenal berasal dari timur tengah yang tidak sengaja ditemukan oleh salah satu pengembala di Arab. Didalam Keju kandungannya seperti yang terdapat dalam susu seperti proteinnya dan kalsiumnya masih ada dalam keju.

Dalam susu terdapat kandungan yang dibutuhkan untuk semua orang termasuk anak kecil untuk pertumbuhannya. Dengan menajdikan susu cair menjadi benda yang pada ini membuat keju akan bisa bertahan lama.

Bahkan Keju yan smakin lama disimpan akan menjadi semakin enak karena proses fermentasi yang lama. Dan tergantung dari berapa lama keju ayng kamu simpan seperti berikut.

  • Keju segar : beberapa hari hingga dua minggu lebih
  • Keju lunak : dua minggu bila ditaruh dalam bungkus plastik
  • Keju semi-lunak : dua hingga empat minggu
  • Keju keras : lima minggu hingga beberapa bulan
  • Keju sangat keras : lebih dari satu tahun

Selain diluar negri yang terkenal dengan pembuatan kejunya ternyata di indonesia ada keju tradisional. Berasal dari pulau sumatra Barat tepatnya di daerah suku minang kabau mereka membuat keju dari susu kerbau.

Namun dikarenakan bau susu kerbau yang terlalu kuat sehingga diganti menjadi susu sapi. Dengan cara pembuatannya menggunakan getah pohon pepaya untuk proses pengentalannya.

Makanan tradisional ini bertekstur seperti tahu yang dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu 2 hari. Dadiah biasanya dikonsumsi saat makan pagi bersama dengan emping dan air aren yang menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *