Daun Manis Stevia Yang bisa Menggantikan Manisnya Gula

Banyak yang mengetahui bahwa gulu terbuat dari tebu dan juga air aren yang sangat manis namun ada juga Daun Manis Stevia yang kurang Populer

Sesuatu yang manis tentu saja sangat disukai oleh siapapun terutama oleh anak anak kecil. Namun makanan yang terlalu manis tentu saja tidak bagus untuk kesehatan dan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit berat.

Gula sendiri berasal dari tanaman yang sangat manis yang diekstrak lalu dikristalkan menggunakan mesin. Bahan umum membuat gula adalah menggunakan pohon tebu yang batangnya terkenal dengan rasa manis.

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat gula selain tebu ternyata ada daun yang manis. Kekayaan alam memang sangat luar biasa beberapa diantaranya adalah keanekaragaman tanaman yang unik.

Daun yang memiliki rasa manis ini dikenal dengan nama Stevia yang merupakan daun berwarna hijau. Daun ini juga mendapatkan julukan sweet leaf atau sugar Leaf karena memiliki rasa yang manis pada daunnya.

Untuk Bisa menemukan Daun manis ini bisa berkunjung ke Amerika Utara sampai selatan. Karena daun ini hanya tumbuh di daerah subtropis seperti Brasil dan Paraguay yang sering dicampur kepada masakan sebagai perasa.

Diketahui bahwa daun ini sendiri memiliki tingkat kemanisan lebih dari 200 kali manis gula. Walaupun memiliki rasa yang sangat manis dibanding gula biasa daun ini tidak memiliki kolestrol sehingga aman dikonsumsi.

Rasa manis pada daun ini berasal dari enzim yang terdapat pada daun yang dikenal dengan Terpena. Molekul Terpena ini tergolong dalam hidrokarbon yang memang hanya dihasilkan oleh tumbuhan hijau.

Daun ini tentu saja sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi para penderita diabetes. Daun Stevia yang dicampur dengan daun blackberry ternyata mampu menjadi obat antikanker khususnya penyakit kanker Usus.