Katak Hidung Panjang Ditemukan di Perbatasan Papua

Penemuan yang luar biasa dalam penjelajahan ke hutan yang ada di Perbatasan Papua indonesia menemukan Katak Hidung Panjang

Indonesia memang memiliki banyak hewan yang unik dan tidak bisa ditemukan diluar. Salah satu hewan yang hanya ada di indonesia adalah seekor kadal raksasa yang dikenal dengan naga komodo yang dilindungi.

Tidak beberap lama para penjelajah yang sedang mengekplorasi hutan di perbatasan papua. Pada perjalan ini mereka berhasil menemukan species hewan baru dengan bentuk yang belum pernah dilihat oleh manusia.

Penemuan 3 species katak yang diperkirakan merupakan jenis katak pohon paling langka didunia. Katak ini juga termasuk kedalam famili Litoria dan memiliki ciri khusus pada bagian kepala seperti daging kecil pada hidung.

Katak pertama yang ditemukan diberi nama Litoria pinnochio karena daging kecil dihidung. Ukuran dari daging tersebut 2,5 mm yang ditangani oleh pemimpin dan juga peneliti dari Griffiths University Dr Paul Oliver.

Species kedua diberi nama Litoria vivissimia yang juga memiliki arti yaitu monyet nakal. Katak ini sangat suka berada diatas pohon dan sangat susah sekali untuk bisa ditemukan dan juga ukuran serta dimorfisme seksualnya.

Yang menjadi perbedaan karena jika dilihat akan mirip dengan tonjolan daging kecil dibagian hidung. Dan yang ketiga diberi nama katak parasut Karena memiliki selaput yang membantunya untuk berseluncur ke tanah.

Katak ketiga memiliki warna ungu pada bagian paha kakinya dan diberi nama Litoria pterodactyla. Pterodactyl sendiri merupakan hewan reptil pertama yang bisa terbang dan berhasil diteliti merupakan Dinosaurus.

Peneliti menghabiskan waktu lebih dari 10-20 tahun di hutan perbatasan papua dan papua nugini. Dua dari species katak Litoria ini berada di Papua utara dan barat Indonesia dan satu ada di papua nugini bagian bukit barat.