Kenapa Arwana Mahal Apasih Keunikan Hewan Air Satu ini

Pernahkah kamu berternak hewan diaquarium salah satu ikan yang dikenal dengan Dragon Fish namun Kenapa Arwana Mahal dibanding ikan lainnya

Ikan naga akan yang dikenal oleh orang luar negri Dragon Fish yang merupakan ikan asli Asia Tenggara. Ikan predator satu ini terkenal karena harganya yang sangat mahal yaitu Asian Arowana.

Memiliki julukan naga karena memiliki gerakan seperti naga pada saat berenang dan memiliki sirip yang besar. Banyak yang mengatakan bahwa ikan ini saat berenang seperti naga yang sedang terbang.

Hewan Perairan ini mulai terkenal pada abad ke 20 dan sampai sekarang termasuk ikan hias. Masih belum ada ikan arwana yang diketahui ditangkap dan dikonsumsi.

Awalnya sebuah penjual aquarium melihat seekor ikan yang dijual di malaysia pada tahun 1967. Karena dilihat ikan tersebut sangat unik maka ikan tersebut dibelinya dan akhirnya dipeliharannya.

Tahun 1980 merupakan tahun dimana perkembangan penjualan dari ikan ini menyebar dari taiwan. Karena banyak dipelihara oleh orang asia sehingga ikan arwana berwarna merah dianggap membawa hoki.

Ikan arwana yang memiliki warna kuning emas juga memiliki makna yaitu membawa kemakmuran. Hal hal ini yang membuat harga dari ikan ini menjadi sangat mahal dilihat dari warnanya.

Harga ikan ini yang paling murah USD 1400 sampai USD 12.000 dan jika ada ikan yang Kelainan atau Albino. Satu ikan Albino ini akan memiliki nilai yang sangat tinggi mencapai USD 300.000 / 4 Miliyar rupiah.

Dan dikarena harganya yang sangat menggiurkan membuat banyak penangkap dialam liar. Pada tahun 1990 ikan Arwana banyak sekali ditangkap untuk dijual membuat populasi semakin sedikit.

Walaupun ikan yang ditangkap untuk dipelihara di aquarium namun membahayakan alam. Dan menurut IUCN Ikan arwana menjadi populasi hewan yang sudah terancam punah.