Penyebab dan Penanganan Rasa Sakit Gigi Berlubang

BERITA HEBOH – Sakit gigi  dapat di sebabakan oleh beberapa hal seperti gigi berlubang, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi dan lain – lain. Penyakit ini biasanya di kondisikan sebagai rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang.

Penyebab Rasa Sakit Karena Gigi berlubang

Penyebab paling umum dari sakit gigi adalah gigi berlubang (karies). Gigi berlubang (karies) adalah lubang dalam dua lapisan luar gigi yang disebut enamel dan dentin. enamel adalah putih terluar permukaan yang keras dan dentin adalah lapisan kuning tepat di bawah enamel. Kedua lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi jaringan dalam gigi atau sebut dengan pulp.

bakteri di dalam mulut mengubah gula sederhana menjadi asam. Asam ini melunakkan melarutkan enamel dan dentin bersama dengan air liur kita. Proses tersebut menyebabkan terciptanya lubang – lubang kecil pada gigi.

rongga yang kecil tidak menimbulkan rasa sakit, namun lama kelamaan lubang tersebut akan membesar. Pada lubang gigi yang besar sering menyebabkan sisa-sisa makanan tersangkut pada gigi. Pulp yang terdapat dalam gigi menjadi terganggu oleh racun bakteri dari makanan dan suhu yang dingin atau panas. jika itu terjadi akan menyebabkan sakit gigi.

Penanganan Pada Gigi Gigi Berlubang

Ada beberapa penaganan pada gigi berlubang, yaitu di cabut atau di tambal. Pencabutan atau penambalan memang harus segera dilakukan pada gigi berlubang. Ini karean meskipun gigi berlubang sudah tak sakit lagi, sebaiknya ditambal atau dicabut karena rawan infeksi kuman.

Biasanya pada gigi berlubang sering terjadi peradangan. Peradangan pada gigi berlubang lumrah terjadi ketika kondisi tubuh sedang turun, sehingga pertahanan tubuh terhadap kuman atau bakteri juga menurun. Dan mengakibatkan gigi berlubang tersebut kembali sakit lagi ( kambuh ).

Menambal Gigi Berlubang

Untuk penambalan gigi berlubang yang sudah parah memang sulit. Sebelum melakukan penambalan Pasien harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment ataupun root canal treatment).

Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu, saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Setelah melewati beberapa hari saat pasien tidak ada keluhan, lubang yang menganga pada gigi tersebut ditutup dengan restorasi.

Proses sebelum menambal hingga menambal gigi berlubang yang sudah parah membutuhkan kesabaran pasien dan dokter yang melakukan. Biayanya untuk melakuakannya juga tergolong tidak murah.

Mencabut Gigi Berlubang

Untuk penangangan yang satu ini memang lebih murah, namun memiliki resiko terhadap pasien dengan kondisi khusus. Maksud kita adalah pasiend dengan penyakit tertentu tidak cocok untuk melakukan pencabutan Gigi Berlubang.

Kondisi – Kondisi tersebut mencakup pasien yang memiliki hipertensi atau pun gigi yang sedang sakit. Pasien Hipertensi memiliki tekanan darah yang tinggi. Jika saat itu gigi dicabut maka beresiko terjadi pendarahan.

Gigi yang sedang sakit dan mengalami abses tidak boleh langsung dicabut,  karena dapat memyebabkan infeksi. Rasa sakit dan abses harus diredakan dulu, dengan minum obat antibiotik sesuai resep dokter.

Namun kebanyakan orang tidak mau untuk mencabut gigi yang berlubang. Alasanya adalah kesulitan mengunyah makanan dan penampilan. Orang yang gigi nya tidak lengkap rentan di jadiakan cemohan oleh orang – orang di sekitarnya.

Sekian artikel mengenai Penyebab dan Penanganan Rasa Sakit Gigi Berlubang. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *