Peradaban Kuno Mesopotamia Temukan Ilmu Hitungan Pertama

Peneltian Besar telah terungkap bahwa Ilmu Hitungan Pertama ditemukan oleh Peradaban Kuno Mesopotamia yang berasal dari Timur Tengah

Salah satu peradaban besar didunia yang kamu kenal karena telah berhasil mengubah dunia pastinya Mesir. Ternyata selain warga mesir yang cerdas dalam bidang pengobatan.

Dalah satu peradaban di bagian timur tengah ini ternyta yang pertama kali menemukan ilmu hitungan. ilmu matematika dasar ditemukan oleh beberapa peneliti yang sedang mempelajarinya.

Ditemukan bahwa peradabba Mesopotamia ini merupakan peradaban pertama yang bisa berhitung. Namun Pastinya kalian belum pernah mendengar sedikitpun tentang peradaban ini.

Peradaban yang sudah membuat dunia lebih maju ini terletak di timur tengah. Tempat ini dapat kamu temukan di sungai Tigris dan Euphrates yang merupakan wilayah Irak, Syria, Kuwait.

Bedanya dengan Peradaban Mesir dan Yunani yang lokasinya juga di timeu tengah ternyata berbeda. Peradaban Mesopotamia berlangsung selama sekitar 12.000 tahun lamanya.

Peradaban ini selain mampu menciptakan Ilmu berhitung dasar ternyata mewariskan banyak sekali Budaya. dari Cara bercocok tanam memancing dan sampai cara berburu serta beternak.

Peradaban ini sangatlah maju dikarenakan wilayah yang mereka dekati dekat dengan sungai. Kehidupan dapat berlangung dengan lama dikarenakan Tumbuhan dapat hidup sehingga bisa bertani.

Babylonia dan Akkad merupakan beberapa kota yang didatangi oleh peradaban ini sekitar 6000 SM. Dikarenakan Tempat yang mereka tempati sangat subur dan iklimnya bagus membuat penduduk bisa hidup berkepanjangan.

Pada tahun ke 4000 peradaban ini membentuk sebuah kerajaan yang dikenal dengan Akkad. Dan Kerajaan ini pecah menjadi 2 peradaban besar yaitu Babylonia dan Syria yang saat ini kamu kenal.

Dalam Peradaban ini munculkan sistem jam dengan perhitungan 60, yang saat ini menjadi jam menit dan detik. Mereka juga mempelajari tentang bahwa sudut benda bulat itu 360 derajat.

Tidak sampai mengenal waktu saja peradaban ini mulai mempelajari tentang langit dan rasi bintang. mereka jugalah yang menyatakan bahwa 1 tahun bulan, satu minggu tujuh hari.

Hal tersebut yang diadopsi oleh Bangsa Yunani sehingga lebih berkembang dan dikenal bahwa ini temuan Yunani. Setiap hari memiliki nama dari senin sampai Minggu yaitu Marduk, Ninurta, Nergal, Inanna, Nabu, Nanna-Suen, dan Utu.