Wah, Ini Tempat Wisata Religi Terbesar Di Asia Tenggara Di Medan Yang Patut Kamu Kunjungin!

Hobi Berita – Pernahkah anda ke Medan? Tentunya tidak asing lagi di telinga kita jika mendengar kata Medan. Kata Batak menjadi kata pertama kali yang dipikirkan saat mendengar kata Medan. Kota yang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia ini merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia dan keberagaman agama, suku dan budaya menjadi hal yang sangat amat menarik untuk di telisik.

vihara adhi maitreya

TENTANG VIHARA ADHI MAITREYA

Berbicara soal destinasi realigi yang ada di Medan selain Masjid Raya Medan, Grha Annai Velangkani, ada juga Maha Vihara Adhi Maitreya yang merupakan vihara terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Maha Vihara Adhi Maitreya ini memiliki lahan seluas 4,5 hektar dan dibangun pada tahun 1991 namun baru di resmikan pada bulan Agustus 2008 lalu. Maha Vihara Maitreya ini berlokasi di komplek Perumahan Cemara Asri Jalan Cemara Boulevard Utara No.99-5, Medan.

Vihara ini dibangun pada tahun 1991 dan diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2008. Fungsi utama dari vihara ini adalah sebagai tempat beribadah umat Budha. Arsitektur bangunannya menggambarkan kebudayaan serta karakteristik Sejarah Budha Maitreya.

Keunikan dari vihara ini adalah suasananya yang sangat megah seolah berada di luar negeri karena artistik bangunannya yang penuh dengan kebudayaan serta karakteristik ajaran Budha yang akan membuat decak kagum pengunjungnya, ditambah lagi di sekitar vihara terdapat sebuah rawa yang berisi ratusan bangau yang hidup di sekeliling pepohonan membuat wisatawan semakin senang saat berkunjung.

Vihara ini dibagi menjadi 3 gedung :
1. Gedung Pertama
Mampu menampung hingga 1500 orang, gedung ini merupakan tempat pemujaan khusus untuk Budha Sakyamuni, Budhivasta Sakyalama, dan Budhisatva Alovokitesvara. Sebelah kanan dari gedung ini terdapat taman Avolokitesvara yang dilengkapi beberapa permainan untuk anak-anak.
2. Gedung Kedua
Mampu menampung hingga 2500 orang, gedung ini merupakan kawasan yang disebut Baktisara Maitreya. Gedung ini memiliki area hall yang sangat luas.
3. Gedung Ketiga
Mampu menampung hingga 2000 orang, gedung iniberfungsi sebagai meeting hall atau balai pertemuan.

Bagi yang suka fotografi,terdapat bebrapa sudut yang menarik untuk dijadikan spot foto. Sisi kiri dari vihara terdapat Patung Dewi Kuan In dengan air kolam berisi ikan-ikan yang dipercaya bisa membawa keberuntungan, terdapat juga dua buah Patung Naga yang berhadapan dengan Patung Dewi Kuan In. Disisi lain terdapat dinding yang terbuat dari keramik berornament sehingga mengundang minat pengunjung untuk berpose.
dengan adanya Maha Vihara Adhi Maitreya yang kini menjadi vihara terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara ini seharusnya kita patut bangga karena ini menjadi ciri khas negeri kita khususnya Kota Medan. Mari bersama menjaga dan menghormati keberadaannya. Dari Umat Budha yang tergolong minoritas ini kita bisa belajar makna toleransi hidup dalam keberagaman agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *