Pengenalan Blueberry Dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Hobi Berita – Blueberry adalah buah dari tanaman semak, nama latinnya yaitu Vaccinium dan dikelompokan dalam keluarga tanaman Ericaceae. Tanaman ini dapat terbagi lagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu blueberry semak rendah dan semak tinggi. Blueberry semak tinggi, rata-rata bisa tumbuh dengan tinggi 10-12 meter, dengan batang yang banyak bercabang .

Vaccinium Virgatum
Vaccinium Virgatum

Sementara jenis yang kedua, blueberry semak pendek, memiliki ketinggian tanaman sekitar 1-2 meter. Kedua jenis species ini bisa tumbuh ditanah berpasir, asam, dan lebih bagus tumbuh ditanah yang terbuka. Beberapa spesies blueberry yang lazim dikonsumsi, antara lain Vaccinium angustifolium, Vaccinium virgatum, Vaccinium elliottii, dan Vaccinium corymbosum.
Blueberry sa ngat jarang dijumpai di Indonesia, ini karena blueberry bukalah tumbuhan asal Indonesia. Asal dari tumbuhan ini adalah negara Amerika bagian utara. Meskipun dikatakan demikian Blueberry juga tumbuh di bagian selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan.

Vaccinium Elliottii
Vaccinium Elliottii

Buah Blueberry dapat di oleh menjadi beberapa bentuk yaitu dalam bentuk segar, atau dalam bentuk olahan, seperti jus, buah beku, buah kering, atau dibuat selai.

Berikut Kandungan yang terdapat pada Buah Blueberry

Vaccinium Corymbosum
Vaccinium Corymbosum

1.Mineral : Mangan, Kalsium, Fosfor, Besi, Kalium Dan Zinc.
2. Vitamin : A, B1, B2, B3, B6, C, E dan K.
3.Karbohidat
4.Lemak
5.Antioksidan.
6.Antosianin.
7.Proantosianidin.
8.Resveratrol.
9.Flavonol.
10.Tanin.

Berikut adalah beberapa contoh khasiat blueberry untuk kesehatan

Vaccinium virgatum
Vaccinium virgatum

1. Menjaga penglihatan dan kesehatan mata
Blueberry merupakan obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina dan membantu mengontrol penglihatan agar selalu tajam. Masalah ocular juga dapat ditangani dengan mengkonsumsi blueberry secara regular.

2. Anti-penuaan
Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan dengan demikian menciptakan efek anti penuaan. Tingginya kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berbagai vitamin (A, B, C dan E) dan antosianin turut membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

blueberry

4. Melindungi kulit
Masker blueberry untuk facial dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan karena stress dan paparan sinar matahati. Selain itu pemakaian masker blueberry secara rutin juga membuat kulit menjadi lembut, kenyal, dan terlihat menakjubkan.

5. Mengurangi kolesterol jahat
Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberru membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga mencegah darah tinggi dan jantung. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dapat netralisasi oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah blueberry ini.

6. Mengatasi masalah pencernaan
Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan.

blueberry-3

7. Membakar lemak dan meningkatkan insulin
Blueberry terbukti mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa penelitian, blueberry diberikan pada tikus. Hasilnya, tikus-tikus tersebut mengalami penurunan berat badan dan massa liver. Banyak penyakit dihubungkan dengan ukuran liver yang besar, seperti resistensi insulin, obesitas, dan juga diabetes. Selain itu, blueberry juga berkhasiat meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

8. Menguatkan tulang
Buah blueberry mengandung bahan manganese yang baik untuk tulang sehingga ampuh dalam menguatkan tulang dan Anda pun akan terhindar dari risiko terkena keropos.

9. Menjaga fungsi otak
Makan satu cangkir jus blueberry secara rutin ternyata dapat mengurangi stress pada otak dan mencegah penyakit gangguan fungsi otak yakni Alzheimer atau dementia. Selain itu kemampuan dalam belajar juga akan meningkat dengan konsumsi blueberry setiap hari secara rutin.
blueberry-2

10. Mencegah infeksi saluran kemih
Blueberry juga dikenal mampu mencegah infeksi saluran kemih. ISK terjadi karena pertumbuhan E. coli dan bakteri lainnya di dekat dinding bagian dalam saluran kemih.

11. Mencegah penyakit jantung
Blueberry mengandung bahan yang baik untuk kesehatan jantung. Menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung.

12. Melindungi tubuh dari kanker
Kandungan phytonutrient yang terdapat pada buah blueberry, membantu mencegah kanker usus dan kanker rahim.blueberry-4

Sangat banyak manfaat dari buah Blueberry ini. Silahakan dicoba mengkonsumsinya dan anda dapat merasakan manfaatnya. Sekian dari informasi dari kita.

Selamat Mencoba.