BEBERAPA BARANG DASAR YANG BERBAHAYA BAGI TUBUH DAN LINGKUNGAN

HOBI BERITA – Kurangilah menggunakan produk-produk yang menggandung zat-zat kimia. Produk yang paling dasar biasanya kita gunakan setiap hari rata-rata menggandung bahan kimia. Jika terus menerusĀ  kita gunakan akan mengakibatkan dampak bagi tubuh dan lingkungan.

 

zat kimia

1. Pasta gigi

Bukan berarti Anda harus meninggalkan pasta gigi sama sekali atau berhenti menggosok gigi. Namun sebaiknya, Anda mulai jeli terhadap beberapa merek pasta gigi yang mengandung microbeads.

Microbeads merupakan butiran plastik kecil halus yang sebenarnya berguna mengangkat bakteri dan sel-sel kulit mati. Namun kandungan ini dapat mencemari biota laut.

Penggunaan microbeads juga telah dilarang di banyak negara. Namun kandungan ini masih sering ditemukan pada pasta gigi dan exfoliating scrub.

2. Tisu basah

Penggunaan tisu basah untuk membersihkan tangan mungkin wajar, namun banyak orang yang menggunakannya untuk membasuh kelamin.

Tidak seperti kertas toilet, tisu basah tidak akan terurai meski dalam air. Hal ini karena tisu basah mengandung plastik. Yang ada, tisu basah akan menyebabkan penyumbatan di toilet ataupun selokan.

3. Sumpit kayu

CNN melaporkan,Ā sumpit kayu merupakan hasil penebangan hutan terbesar di Asia. Empat juta pohon ditebang untuk membuat 57 juta pasang sumpit setiap tahun.

Tidak hanya itu, sumpit kayu juga diolah dengan bahan kimia yang diyakini menyebabkan gangguan pernapasan.

4. Pisau cukur sekali pakai

Meski murah, penggunaan pisau cukur sekali pakai bisa menimbun sampah yang mencemari lingkungan.

pisau cukur memiliki bahan plastik dan karbon yang sulit terurai dalam tanah. Di Amerika, dua miliar pisau cukur sekali pakai dibuang setiap tahun dan merusak ekosistem.

5. Baterai sekali pakai

Baterai sekali pakai biasanya mengandungĀ kadmium, timbal dan merkuri. Campuran ini beracun dan ketika bocor keluar ke tanah dan tercampur denganĀ air, bisa menyebabkan polusi yang mematikan.
Membakar sampah juga membahayakan mengingat logam akan merusak udara.

6.Ā Pil KB

Penggunaan pil KB terus menerus bukan hanya berisiko kanker namun juga meningkatan risiko depresi, menurut sebuah studi.

Hindari pula membuangĀ pil KB ke toilet karena bisa merusakĀ kadar hormon ikan.

7. Kantung teh plastik

Biasanya, kantung teh terbuat dari kertas. Namun kini, makin banyak produsen yang menggunakan Polyethylene terephthalate, biasa disingkat PET.Ā Seperti microbeads dan pisau cukur plastik, kandungan ini tidak bisa menjadi kompos.

8. Makanan dan Minuman Cepat Saji atau Instan

Pastinya para pembaca tahu dong yang dinamakan dengan makanan cepat saji.Makanan cepat saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang di kemas,mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana. Contohnya mie instan yang paling populer . Zat aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran.Ā  Zat kimia yang ditambahkan di makanan lebih cenderung dapat menyebabkan kanker, mengurangi IQ, dan banyak lagi. Jadi perbanyak lah makanan yang diolah sendiri. Dan seperti di sebutkan di atas kemasan produk makanan ini terbuat dari plastik yang sulit terurai di tanah.

9. Detergen

Detergen alias pembersih pakaian, mengandung banyak zat kimia terutamaĀ ABS ( alkil benzana sulfonat ). Bahan aktif ABS dalam detergen sukar terurai oleh mikroorganisme sehingga dapat mengakibatkan pencemaran air tanah.Penggunaan detergen juga bisa mengakibatkan rusaknya kulit tangan. Lebih dianjurkan menggunakan sarung tangan saat menggunakan detergen.

10. Bahan Pemutih

Bahan pemutih sering kali di pakai pada pakaian . Bahan pemutih dapat di bedakan menjadi dua macam , yaitu pemutih pakaian dan pemutih kulit . Bahan kimia pemutih pakaian yang sering di gunakan adalah natrium hipoklorit ( NaClO ) . Bahan kimia jika sudah tercampur dengan detergen maka akan menghasilkan gas klorin yang jika terhirup akan dapat mengiritasi pada tenggrokan dan sistem pernapasan. Jangan lupa memakai masker ya. Sementara itu , biasanya bahan kimia yang di gunakan dalam pemutih kulit adalah hidrokuinon dan tretinoin . Pemakaian hidrokuinon dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan dampak negatif yaitu munculnya benjolan kekuningan ( okronosis ) pada kulitĀ  dan apabila jika termakan dapat menimbulkan keracunan dan kerusakan pada sel darah merah.

Gunakanlah Produk yang menggandung zat kimia sebijaksana mungkin. Jika tidak ingin menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan tubuh kita,gunakanlah ilmu pengetahuan kita untuk menciptakan solusi masalah ini.