MACAM – MACAM PENYAKIT KARENA KURANG MINUM AIR

Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat.

Saat ini terdapat krisis air minum di berbagai negara berkembang di dunia akibat jumlah penduduk yang terlalu banyak dan pencemaran air seperti Turkmenistan, Pakistan, Mesir, Nigeria dan lain – lain.

Kurang minum air dapat menyebkan 10 penyakit yaitu Sebagai berikut

10 Penyakit Karena Kurang Minum Air

1. Kelelahan
Umumnya minimum asupan cairan per hari sekitar 2 liter. Kurang minum air dapat menyebabkan seseorang mudah lelah. Jadi jika tubuh Anda kekurangan air putih badan terasa lemah, letih, lesu, kurang bersemangat, dan mudah sekali capek walaupun tidak melakukan aktifitas yang berat. Hal ini terjadi karena air berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Jika tubuh kekurangan air maka otomatis badan pun akan terasa mudah lelah

2.Dehidrasi
Suatu kondisi yang sangat berbahaya akibat kurang minum air putih yaitu terjadinya dehidrasi. Sebab jika dehidrasi ini berlangsung parah maka dapat menyebabkan syok dan bahkan berakhir dengan kematian. Dehidrasi ini biasanya dipicu akibat keluarnya cairan dari dalam tubuh dalam jumlah banyak tanpa diimbangi dengan asupan air putih yang cukup. Keluarnya cairan yang berlebihan ini dapat disebabkan karena keluar keringat akibat melakukan aktifitas fisik yang berat, muntah, diare, atau akibat terjadi perdarahan.

3. Gangguan Pencernaan
Akibat kurang minum air putih juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita, sangat membutuhkan bantuan air, baik dalam proses mencerna maupun penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Jika kurang minum air putih maka Anda akan mudah sekali mengalami sembelit/konstipasi, dan memicu berbagai penyakit pencernaan, seperti ulkus peptikum, ambeien, bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat memudahkan terjadinya kanker usus.

4.Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi dapat menyerang seseorang jika asupan airnya kurang. Hal ini terjadi karena kurangnya air bisa menyebabkan beberapa pembuluh kapiler tertutup. Sehingga, jantung yang terus berusaha keras untuk memompa darah, pada akhirnya hanya membuat pergerakan darah menjadi terbatas. Selain itu, jika pembatasan aliran darah terjadi pada ginjal karena kekurangan air, maka hal ini dapat membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi karena reaksi yang diberikan terhadap pembuluh darah dan arteri.

5. Kenaikan Berat Badan
Sel-sel akan menyusut ketika tubuh mengalami dehidrasi. Perubahan itu pun mendorong seseorang makan lebih cepat dan lebih banyak. Jika dibiarkan, kurang minum sama dengan membuat tubuh semakin gendut.

6.Kurang konsentrasi
Daya konsentrasi sangat tergantung dari kondisi kesehatan organ otak. Jika malas minum air putih membuat organ otak akan mengalami kekurangan cairan.Hal inia akan mengakibatkan tubuh kekurangan asupan oksigen, termasuk asupan oksigen ke otak bermasalah sehingga sel-sel otak menurun kinerjanya.Organ otak yang mengalami kekurangan cairan membuat timbulnya masalah, seperti kemampuan konsentrasi yang menurun, membuat seseorang sulit dalam memecahkan masalah, sering salah dalam mengambil keputusan, mudah melakukan kesalahan, mudah lupa, sering melamun, dsb.

7.Terkena Infeksi Kandung Kemih
Kurang minum air putih dapat membuat seseorang terkena infeksi kandung kemih. Gejala-gejalanya bisa berupa meningkatnya suhu badan, tidak dapat menahan buang air kecil, nyeri saat buang air kecil dan nyeri tekan pada tulang kemaluan. Terkadang jika parah, seseorang bisa mengaluarkan darah saat buang air kecil. Dengan meminum air putih, maka bakteri akan mudah keluar dari saluran kemih dan resiko infeksi kandung kemihpun dapat berkurang.

8.Radang tenggorokan
Kurangnya minum air putih akan membuat tenggorokan menjadi kering, setelah itu akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan.Salah satunya yang sangat tidak diinginkan adalah menyebabkan radang tenggorokan, yang akan sangag menganggu kegiatan sehari-hari karena rasa perihnya, membuat sudah menelan makanan serta membuat suara bisa hilang.

9.Sindrom pramenstruasi
Mengalami sakit saat datang bulan muncul karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh. Tubuh memerlukan tenaga tambahan dari makanan dan extra cairan dengan minum air yang cukup agar proses biologis menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari maka tubuh akan memiliki cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang sehingga tegangan dan kram pada perut akan hilang dengan sendirinya.

10.Gangguan Ginjal
Tugas ginjal dan kandung kemih adalah organ penting yang membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berbahaya. Tetapi jika dehidrasi, akumulasi racun dan asam tidak mampu dibuang dengan sempurna. Ginjal dan kandung kemih akhirnya rentan terkena infeksi, inflamasi, dan gangguan lainnya.

Gangguan Ginjal

Sekian Informasi kita tentang 10 penyakit karena kurang minum air. Hendaknya kita mengkonsumsi 2 liter air setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga.

Agen Judi Bola