4 Negara Dengan Perayaan Natal Yang Tidak Biasa

Pengertian Natal

Hobi Berita – Natal berasal dari bahasa Portugis yang berarti “kelahiran. Natal merupakan hari raya umat Kristen. Natal dirayakan setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember. Tujuannya adalah untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus juru selamat masyarakat kristiani.
Walaupun  sesama kristiani Acara Natal di rayakan dengan cara yang berbeda – beda disetiap negara. Berikut 4 Negara Dengan Perayaan Natal Yang TIdak Biasa.

Natal di India

Negara India mayoritas penduduknya beragama Hindu, bukan berarti semua beragama Hindu. Sekitar 2,34 % dari jumlah penduduk di India yang beragama Kristen. Perayaannya ini juga dipengaruhi oleh negara Inggris lebih tepatnya dikarenakan India pernah di jajah oleh Inggris.

natal-1

Perayaan natal mereka juga terkenal sangat unik dan sangat berbeda dengan negera – negara lain. Karena India masuk dalam negara tropis, hal ini menyebabkan penduduknya sangat sulit mendapatkan pohon cemara ketika natal.Akhir nya mereka mengganti pohon cemara dengan pohon pisang. Pohon pisang tersebut di hias dengan indah oleh penduduk kristen disana. Mereka juga menyebutkan sinterklas dengan Christmas Baba.

Umat Kristiani di bagian selatan India juga melakukan tradisi Natal dengan membuat gambar adegan kelahiran Yesus dan memasang salib di jendela depan rumah mereka. Jika Anda mencoba berkunjung atau bertamu ke salah satu rumah penduduk, Anda akan disambut dengan permen buatan rumah khas penduduk Mumbai. Karna populasi umat Kristiani di India paling banyak berada di Kota Mumbai.

NATAL

Tidak hanya itu, seminggu sebelum natal tiba, seluruh umat kristiani di India juga akan mengadakan festival natal. Pada festival ini semua toko akan menjual berbagai barang perlengkapan natal seperti pernak-pernik atau pun hadiah. Namun ada salah satu keunikan yang terjadi saat festival, dimana tidak hanya umat kristiani saja yang merayakannya, akan tetapi seluruh lapisan masyarakat di India juga akan berbaur untuk memeriahkan festival natal.

Natal di Irak

Para umat Kristen di Irak merayakan Natal pada tanggal 25 Desember. Awalnya natal tidak dicetuskan sebagai hari libur nasional mereka. Natal dicetuskan sebagai hari libur pertama kalinya pada 2008. Pemerintah Irak mengumumkan Hari Natal sebagai hari libur resmi.

NATAL

Pada malam Natal tanggal 24 Desember, ibadah dilakukan di halaman rumah tiap keluarga. Anak-anak akan membacakan kisah Kelahiran Sang Penebus mereka dari Alkitab, sementara anggota keluarga lainnya memegang lilin yang sedang menyala.

Tumpukan duri kering disimpan di salah satu sudut rumah. Begitu cerita dibacakan, tumpukan duri dibakar. Selama api membakar duri, sebuah mazmur dinyanyikan. mereka percaya jika tumpukan duri berhasil terbakar semua menjadi abu, itu merupakan pertanda baik bagi keluarga mereka. Di atas duri yang sudah berubah menjadi abu, setiap orang harus melompatinya tiga kali sambil membuat sebuah keinginan.

NATAL

Pada Hari Natal, umat menghadiri ibadah kebaktian di gereja lokal. Sebuah api unggun, mirip dengan pada Malam Natal, dinyalakan sambil jemaat menyanyikan pujian. Kemudian, Uskup membawa gambar bayi Yesus di atas bantal kirmizi dan berjalan di depan diikuti pejabat gereja.

Ibadah diakhiri dengan ritual Uskup memberkati jemaat lalu menyentuh tiap anggota jemaat dengan tangannya. Anggota jemaat kemudian menyentuh setiap orang di sebelahnya. Ini terus berlanjut sampai semua orang di gereja menerima “Touch of Peace”.

Natal di Italia

Sungguh mengejutkan bahwa di Italia, pohon Natal dari cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum digunakan. Yang ada adalah sebuah piramid yang terbuat dari kayu tinggi dan besar dan dihiasi menyerupai pohon cemara yang besar. ada pula yang pohon Natalnya terbuat dari dari buah-buahan.

natal-4-2

Saat perayaan Natal di Italia, anak-anak di negeri Pizza tersebut lebih mengenal nenek sihir daripada sosok Sinterklas. Nenek sihir yang dimaksud adalah Befana. Namun jangan salah, Befana bertugas layaknya Sinterklas yang memberikan kado bagi anak-anak saat natal.

NATAL

Cara Befana untuk memberikan kado juga mirip Santa, yaitu melalui cerobong asap. Layaknya nenek sihir, Befana juga terlihat membawa sapu sihir. Sebagai gantinya, masyarakat Italia akan membawakan makanan dan minuman untuk Befana.NATAL

Natal di Australia

Kebanyakan negara menggambarkan sosok yang memberikan hadiah natal adalah sosok ternama bernama Santa Klaus, tapi bagaimana jika yang memberikan hadiah natal bukanlah Santa Klaus melainkan sosok yang lebih menyeramkan.

NATAL

Di Austria, terdapat satu tradisi aneh dimana orang-orang akan berdandan menyerupai sosok Krampus dan Perchta. Krampus ini sendiri adalah sebuah sosok mengerikan yang bertugas sebagai pelayan santa klaus. Sebagai asisten Santa Klaus, tugasnya sendiri kurang lebih sama dimana ia akan memberikan hadiah natal bagi anak-anak yang berkelakuan baik, namun berbedanya adalah bila ternyata anak tersebut adalah anak nakal maka Krampus akan menculik dan membawa anak-anak nakal tersebut ke neraka untuk dihukum.

NATAL

Jika Krampus masih dirasa kurang bisa menakuti anak nakal, masih ada sosok lain yang bernama Perchta. Krampus digambarkan sebagai sosok mengerikan yang akan membawa anak nakal ke nereka untuk dihukum, sedangkan Perchta merupakan sosok yang lebih mengerikan dimana ia akan menghukum anak nakal dengan cara merobek perut dan juga mengeluarkan isinya. Natal yang harus diisi dengan tradisi yang menyenangkan, malah digunakan untuk menakuti anak-anak.”

NATAL

Sekian Informasi Mengenai 4 Negara Dengan Perayaan Natal Yang Tidak Biasa, Semoga dapat menghibur anda.