Antbot Robot Semut yang Mampu Bergerak Menggunakan Cahaya

Teknologi yang semakin berkembang dimana sudah ditemukan Antbot Robot Semut yang bisa bergerak dengan bantuan cahaya saja

Universitas Prancis berhasil melakukan dan menghasilkan penemuan yang sangat luar biasa. Penelitian yang dilakukan untuk menciptakan sebuah robot yang bergerak dengan energi cahaya dengan ukuran yang kecil.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Aix-Marseille membuat sebuah robot yang kecil. Robot tersebut tersinpirasi dari hewan semut sehingga bentuk dan ukurannya menyerupai semut dengan tubuh besi robot.

Robot ini dapat bergerak secara sendiri hanya dengan bantuan cahaya matahari dan bisa menghindar. Kemampuan robot ini sangat unik sehingga robot ini mendapatkan julukan Antbot karena bentuknya yang kecil.

Menggunakan 6 kaki sebagai penyangga yang bisa bergerak dan memiliki bobot yang cukup berat. Diketahui berat dari robot ini mencapai 2,3 kilogram dengan memiliki kemampuan yang luar biasa layak semut biasa.

Diketahui bahwa semut robot ini memiliki kemampuan navigasi dan penglihatan optik. Namun uniknya lagi bahwa robot ini tidak ditanamkan Gps sebagai petunjuk arah dan hanya mengandalkan cahaya dari matahari.

Robot ini dapat mengkalkuasi jarak lokasi sehingga tidak berbenturan ataupun menabrak ligkungan sekitar. Kemapuan semut robot ini karena kemampuan kompas optik yang ditanam ditubuhnya untuk bisa melihat.

Antbot Robot Semut yang sangat unik ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan semut. Memiliki kaki dan kekuatan seperti semut yang bisa menahan bobot dari tubuhnya dengan barang yang lebih berat darinya.

Robot ini juga dikatakan bahwa tahan dari paparan sinar ultraviolet tinggi yang berbagaha untuk manusia. Kemampuan untuk pergi ke tempat tujuan yang diinginkan dan kembali ke titik awal sesuat memori di dalamnya.

Namun Antbot ini masih belum sempurna karena sering dipakai maka mesin masih bisa cepat panas. Penggunaan berkala masih belum bisa dilakukan dann jarak terjauh yang bisa ditempuh adalah 14 m.

Sensor yang digunakan juga masih prototipe dan masih butuh pembaruan sampai siap untuk dipasarkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan Kelayakan dan keamanan dari produk ciptaan mereka sebelum di jual.