Arti Imlek Sesungguhnya Yang Jarang Diketahui

Sesungguhnya Tahun Baru Cina Di Indonesia punya sebutan sendiri dan apa Arti Imlek itu sendiri ternyata masih jarang diketahui

Sebentar Lagi sudah mau dekat dengan Imlek atau yang lebih dikenal dengan festival musim semi. etiap tanggal 1 bulan 1 kalender Lunar China yang setiap tahun tanggalnya berbeda dari penanggalan tanggal masehi.

Imlek sendiri merupakan festival yang diselenggarakan untuk menyambut hari dimana berakhirnya musim dingin. Kegiatan untuk bercocok tanam sudah bisa dilakukan menjelang Tahun baru ini memasuki musim semi.

Di China sendiri festival ini dikenal dengan istilah chunjie yang diartikan sebagai hari penyambut musim semi. Namun apakah kalian pernah bertanya kenapa Di Indonesia disebut Imlek? dan tahun baru china.

Imlek yang dimaksud orang Indonesia seridiri merupakan resapan dari bahasa hokkien yin li. Hal ini ternyata disampaikan oleh Aji Bromokusumo yang merupakan Ketua Aspertina yang katanya diserap bahasa Nusantara.

Yin li merupakan sebuatan dari bahasa hokkien yaitu Lunar Kalender dengan cara menghitung Bulan. Umat Muslim Juga menentukan Tahun baru mereka dengan cara menghitung pergerakan Bulan setiap tahunnya.

Arti Imlek Sesungguhnya yang tentu saja masih banyak yang tidak mengetahuinya. Yang cuma dikenal dengan angpao dan juga barongsai yang bertebaran di setiap rumah dan gedung mewah di kota besar.

Tentu saja makna dari imlek sendiri sangat jarang diketahui karena merupakan kata serapan. Dengan adanya kegiatan ini merupakan bentuk suka cita dari para warga china yang telah melewati musim yang sulit.

Arti Imlek Sesungguhnya Yang jarang Terdengar

Di Indonesia sendiri hanya ada 2 musim yaitu kemarau dan hujan jadi penggunakan kata chunjie tidak cocok. Serapan Kata dari Bahasa Hokkien ini oleh orang Nusantara yang menjadi Kata Imlek yang sering kita dengar.

Orang Tionghoa sendiri juga memilii penyebutannya sendiri yaitu sincia atau diale hokkiennya xin zheng” yang dibaca “sin ceng”. Istilah tersebut memiliki arti bulan pertama yang baru dan berakhirnya musim dingin.

Zheng yue sendiri memiliki pengartian Bulan baru dalam dialek Hokkien disebut Cia Guek. Sehingga Sin Cia merupakan pelafalan ringkas alias kependekan dari istilah-istilah tadi yang bisa menambah ilmu kalian.