Asal Usul Kolak Sebagai Makanan Berbuka di Indonesia

Momen puasa ini tentu saja kamu pasti pernah berbuka dengan kolak namun kamu pasti belum pada tahu darimana Asal Usul Kolak

Sering dicari untuk menjadi menu berbuka setelah mejalani puasa dari subuh sampai Sore. Tanpa hidangan manis ini sepertinya puasa tidak akan lengkap seperti kehilangan makanan yang sangat identik yang enak ini.

Kolak sendiri disukai oleh semua kalangan dari muda sampai tua semua bisa menikmati kolak. Di indonesia sendiri Kolak juga lumayan lengkap jenisnya dari kolak pisang, kolak labu, kolak biji salak dan lainnya.

Tidak hanya dibulan puasa saja kolak bisa ditemukan saat ini kolak mudah ditemukan di pasar tradisional. Banyak yang tidak mengetahui bahwa kolak ini merupakan pengaruh dari perdangangan dengan Arab dulu.

Kolak sendiri terdengar seperti “khalik” yang mempunyai arti sang pencipta atau dikenal Tuhan. Banyak ilmuan yang menyatakan bahwa kolak ini dijadikan sarana penyebaran agama islam ke nusantara.

Namun penjelasan ini juga tidak bisa dipastikan bahwa kolak ini sebenarnya berasal dari Arab. Hal ini bisa dilihat dari bahan yang terdapat pada pembuatan kolak sendiri dimana menggunakan bahan negara Tropis.

Asal Usul Kolak

Asal Usul Kolak Yang Terkenal Di Indonesia

Indonesia sendiri merupakan negara tropis dan kolak isinya biasanya ubi dan juga pisang. Kemungkinan kolak sendiri merupakan perpaduan budaya yang sudah lama terjadi ketika islam sudah masuk indonesia.

Kolak sendiri setiap isinya memiliki makna seperti penggunaan pisang jenis Kepok dalam bahasa jawa Kapok. Arti dari Kapok sendiri adalah jera yang mingingatkan manusia agar jera dan kapok dengan dosa yang dibuat.

Sedangkan ubi dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan Telo Pendem artinya mengubur kesalahan. Pada Kolak juga menggunakan santan yang merupakan singkatan dari pangapunten atau permohonan maaf.