BERITA HEBOH – HARGA PESAWAT BUATAN INDONESIA

BERITA HEBOH РTahukah anda bahwa Indonesia sudah mulai memasarkan pesawat terbang buatan dalam negri. Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang dikembangkan bersama LAPAN ditargetkan diproduksi massal di 2019 mendatang.

BERITA HEBOH

 

BERITA HEBOH – PESAWAT BUATAN INDONESIA

Produksi massal pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung. Pesawat N219 akan mendapatkan Type Certificate yang diperkirakan selesai pada 2018 dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan.

Lalu berapa kira-kira harga jual pesawat N219? Menurut pengakuan dari Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo, harga jual dari pesawat N219 berada di kisaran harga 6 juta USD per unit atau sekitar 81 miliar rupiah.

BERITA HEBOH

Pesawat N219 memiliki kapasitas 19 penumpang. Sedangkan untuk modal pembuatan pesawat N219 sebesar 50 persen dari harga jual, atau berada di angka 3 juta USD per unit atau sekitar 40,5 miliar rupiah.

Beberapa maskapai dalam negeri mengaku berminat untuk membeli pesawat N219 buatan Bandung tersebut. Pesawat perintis ini memiliki daya jelajah hingga 880 km dalam sekali tempuh. Pesawat N219 sangat ideal untuk menjangkau daerah terpencil.

BERITA HEBOH

Menurut Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo, pemerintah harus membantu dalam memasarkan pesawat buatan dalam negri tersebut, mulai dari insentif pajak hingga kewajiban penggunaan pesawat buatan dalam negeri bagi maskapai dalam negri.

Selain itu, pemberian subsidi tiket juga perlu diberikan kepada penumpang pesawat N219 nantinya. Sehingga maskapai dalam negeri terpacu untuk membeli pesawat dalam negeri, khususnya buatan PTDI.