BERITA HEBOH – MINIMOON DI INDONESIA NANTI MALAM

BERITA HEBOH – Tahukah anda nanti malam masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena Minimoon. Bulan akan terlihat lebih kecil dan lebih redup dari biasanya.

 

BERITA HEBOH – APA ITU MINIMOON?

Setelah pada 25 Mei lalu masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena Supermoon, dimana bulan terlihat lebih besar. Pada 9 Juni malam nanti masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomenan Minimoon, yaitu fenomena ketika jarak bulan berada di titik terjauh dari Bumi.

Fenomena Minimoon terjadi 1 bulan 18 hari lebih lambat setiap tahunnya. Dimana pada Supermoon bulan terlihat lebih besar dari biasanya, Minimoon adalah kebalikan dari Supermoon. Purnama nanti malam tergolong Minimoon, jarak bulan akan berada pada sekitar 406.401 kilometer dari permukaan Bumi atau 50 ribu kilometer lebih jauh dari jarak Supermoon.

Perbandingan Supermoon dan Minimoon. Jika pada saat Supermoon bulan akan berukuran sampai 16% lebih besar dan sampai 30% lebih terang dari Minimoon.

Fenomena Supermoon dan Minimoon terjadi karena orbit bulan yang juga menyerupai Bumi mengelilingi Matahari, tidak berbentuk bulat melainkan elips. Hal ini tentu berakibat pada satu titik tertentu bulan akan berada pada titik terdekat dan di titik lainnya akan berada pada titik terjauh.

Jika anda berhalangan menyaksikan Minimoon nanti malam maka anda dapat menyaksikannya tahun depan pada 27 Juli 2018. Menurut para peneliti bahwa Minimoon malam ini mungkin akan berwarna agak kemerah-mudaan atau pink.

Anda dapat menyaksikan fenomena Minimoon ini dengan pasangan anda, tentu akan romantis bukan? Ciao~