BERITA HEBOH – TIKUS E-KTP TERUNGKAP!!

Berita Heboh – Sejumlah nama besar politisi dan pejabat terungkap dalam kasus dugaan korupsi dana E-KTP , Dana sebesar Rp 2.558 triliun diduga diselewengkan dari anggaran E-KTP.

BERITA HEBOH

 

BERITA HEBOH – DUGAAN KORUPSI DANA E-KTP

Hal itu terungkap dalam jalannya sidang perdana kasus dugaan korupsi E-KTP dengan terdakwa mantan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil  Kemendagri Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kemendagri Sugiharto. Irman dan  Sugiharto didakwa dengan dugaaan penyelewengan dana anggaran E-KTP.

Berdasarkan dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum, Irene Putrie, dari nilai anggaran total sebesar Rp 5.9 triliun dan dipotong pajak sebesar 11.5 persen. Sekitar 49 persen dari nilai tersebut di duga diselewengkan dari tujuan awal nya dan akan dibagikan ke beberapa nama besar, atau sebesar Rp 2.558 triliun.

Dana Rp 2.558 triliun tersebut akan dibagi ke beberapa nama. Untuk pejabat di Kemendagri dan juga kedua terdakwa dialokasikan sebesar 7 persen, atau sebesar Rp 365 miliar. Anggota komisi II sebesar 5 persen atau sebesar Rp 261 miliar.

 

BERITA HEBOH

 

 

BERITA HEBOH – BANTAHAN – BANTAHAN PARA POLITISI

  • Setya Novanto (Golkar)

” Apa yang disampaikan saudara Nazar, pertemuan saya dengan Anas, Nazarudin dan Andi adalah tidak benar. Saya tidak pernah menerima uang sepeser pun dari E-KTP. ”

 

  • Ade Komarudin (Golkar)

” Saya tidak menerima uang dari hasil proyek E-KTP karena sejak awal saya tidak terlibat, baik dalam hal perencanaan sampai dengan penentuan anggaran dan pelaksanaan proyek.”

 

  • Yasonna Laoly (PDIP)

” Saya kaget mendengar nama saya dicatut dan dituduh menerima dana bancakan E-KTP.”

 

  • Ganjar Pranowo (PDIP)

” Jadi gini, angka itu ada nggak disebut di dakwaan. Ganjar menerima sekian, yang nganter ini, di tempat ini. Cuma angkanya kan, sumbernya kita nggak tahu.”

 

  • Olly Dondokambey (PDIP)

” Saya tidak kenal Andi, tidak pernah ketemu dengan Andi. Bagaimana dia mengantar uang dolar ke saya? ”

 

  • Marzuki Alie (Demokrat)

” Ya kan dulu di staf Sekjen saja dulu ada proyek, ‘ wah ini untuk ketua’ , sayangnya gak nyampe. Kalau nyampe saya kasih semua kalian untuk amankan berita lah..ha..ha..ha.”

 

  • Anas Urbaningrum (Demokrat)

” Terkait dengan kasus E-KTP, katanya nama saya juga disebut di dalam bagian dakwaan. Entah apa persisnya.”

 

  • Jafar Hafsah (Demokrat)

” Saya tidak tahu menahu E-KTP. Bukan komisi saya, tidak pernah membicarakan, merancang, meng-gol-kan, hanya mereka mengait-kaitkan dengan saya.”

 

 

Oke pak, benar atau tidaknya kita tunggu hasil akhir persidangan yah pak. Oce~