BERITA HEBOH – TIPS JITU! CARA TERBAIK UNTUK MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG DATANG

BERITA HEBOH –¬†Penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan garam agar tidak lebih dari 5-6 gram per hari. Lalu rutin berolahraga (3-7 kali dalam seminggu), jangan merokok, jangan minum alkohol dan batasi konsumsi minuman bersoda (lebih baik utamakan minum air putih).

BERITA HEBOH


BERITA HEBOH – INFORMASI YANG BERHASIL KAMI DAPATKAN

Hal itu dilakukan agar tubuh sehat dan jantung dapat selalu bekerja dengan baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Berikut makanan sehat untuk mencegah penyaktit jantung:

Sarapan bubur gandum

Gandum kaya beta-glucan, serat yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.Menurut ahli gizi Dr Sarah Schenker, hanya dengan 3 gram beta-glucan per hari (setara semangkuk bubur gandum) sudah bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol sebesar 10 persen.Hal ini bukan berarti dalam setiap makan, menunya selalu gandum, ini jelas salah, hendaknya menu makanan bervariasi.

Bersihkan gigi secara teratur

Penyakit gusi telah dikaitkan menjadi penyebab pengerasan arteri dan serangan jantung. Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi bisa beresiko memicu peradangan, yang berakibat meningkatknya resiko penyakit jantung.Untuk itu, para ahli kesehatan menyarankan agar menyikat gigi secara teratur, yaitu sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Pastikan sebelum tidur Anda menggosok gigi.

Batasi konsumsi gula

Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa asupan gula berlebih bisa memicu resiko tinggi hipertensi (tekanan darah tinggi).Dr James Di Nicolantonio, seorang ilmuwan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin penelitian, menjelaskan pentingnya membatasi asupan gula, bukan hanya membatasi asupan garam.

Sesekali berlibur ke tempat yang cerah

Pergi berlibur sesekali tampaknya perlu dilakukan (terlalu sering juga tidak baik). Peneliti di University of Pittsburgh, Amerika, menjelaskan bahwa liburan di suatu tempat yang cerah bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.Tahun lalu, universitas-universitas di Southampton dan Edinburgh menemukan bahwa sinar matahari bermanfaat untuk mengubah kadar oksida nitrat, yang berfungsi merenggangkan pembuluh darah, serta membantu tekanan darah turun. Berdasarkan penelitiannya, bukan berarti kita terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari, karena justru bisa mendatangkan resiko radikal bebas.

Jangan menunda buang air kecil

Sebuah studi pada orang yang mengalami penyakit jantung dini di Taiwan, menunjukkan bahwa kandung kemih yang terlalu penuh beresiko pada timbulnya penyakit jantung.Dimana jantung menjadi berdetak lebih cepat dan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner, sehingga memicu kontraksi.

Jangan terlalu lama duduk

Hasil penelitian mejelaskan bahwa duduk selama 8 jam sehari berakibat meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40 persen.Sehingga John Buckley, seorang profesor ilmu olahraga terapan di Chester University menyarankan agar jangan duduk lebih dari 4 jam, cobalah sekali-kali berdiri. Dia menyarankan agar maksimal duduk dua jam, yang di selingi berdiri selama 30 menit.