Burung Terbang Jauh Sekali Terbang 16 Negara Terlampaui

Banyak yang mengira bahwa Burung Terbang Jauh tentu saja hal yang mustahil dan hal ini ternyata terjadi saat burung melakukan migrasi

Burung Terbang

Setiap tahun hewan burung akan kembali untuk melakukan migrasi dalam jumlah yang besar. Kegiatan ini dilakukan oleh burung untuk berkembang biak dan mencari tempat yang lebih hangat untuk proses burung bertelur.

Migrasi yang dilakukan oleh burung bisa sangat jauh jaraknya sampai puluhan kilometer. Diketahui bahwa ada satu jenis burung yang berhasil terbang sampai 12.000 kilometer dan berhasil melewati 16 negara.

Tentu saja burung yang terbang dalam jarak yang sangat jauh ini membuat para peneliti kagum. Kekaguman para peneliti saat mengetahui burung ini berhasil terbang dengan jarak 12.000 kilometer yaitu jenis burung cuckoo.

Burung yang memiliki nama latin Cuculus canorus atau yang dikenal dengan kangkok erasia. Diketahui bahwa burung ini telah berhasil terbang dari afrika sampai ke monggolia melalui sebuah alat pindai dari satelit.

Monggolia sendiri merupakan tempat lahir dan tujuan kelompok besar burung ini berkembang biak. Kembali ke rumah mereka dan Salah satu burung yang tercatat mampu terbang dengan jauh ini bernama Onon.

Nama burung ini berasal dari nama sungai yang ada di monggolia yaitu sungai onon. Burung kecil ini terbang dari zambia pada maret 2020 tanggal 20 untuk melakukan perjalanan sampai ke monggolia dengan satelit.

Penelitian ini membuktikan burung ini berhasil terbang dengan kecepatan 60 km per jam. Dalam penelitian ini yang diberi nama Cockoo projet yang memang mempelajari tentang burung ini bersama dengan ilmuan inggris.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui jarak migrasi terjauh yang bisa dilakukan oleh burung cockoo. Bahkan yang mengejutkan burung ini melintasi samudra hindia tanpa ada berhenti dan 16 negara terlewati.

Burung Terbang Jauh

Diantaranya Kenya, Arab Saudi, hingga Bangladesh dan Onon merupakan burung pertama yang tercatat. Ada juga burung sejenis yang bernama Bayan namun terakhir terlihat di yunnan tiongkok dari afrika juga.

Namun tidak ada terlihat apakah bayan sampai monggolia atau sudah mati karena lelah atau dimangsa. Dan jarak sekitar 10.000 km ini berhasil ditempuh dalam waktu dua minggu dan akan membuat burung kelaparan.

Dengan melihat Burung Terbang Jauh dan migrasi, seperti predator, pemburu, badai. Atau kondisi burung yang kelaparan yang berhasil dipelajari oleh para peneliti dalam studi tetang burung cockoo ini.