Cara Memberi Salam Pada saat Tahun Baru Cina Dengan Benar

Tahun Baru Cina Tinggal beberapa hari lagi dan sudahkah kamu mengetaui cara memberi salam yang benar Sebelum Mengucapkan Matranya

Imlek bukan sekedar menggunakan Baju merah dan hanya menerima serta membagian Angpao. Disaat imlek merupakan waktu kamu berkumpul bersama keluarga Tercinta.

Tahun baru Cina ini juga merupakan festival yang diselenggarakan di China untuk menyambut musim semi. Seperti yang kamu ketahui bahwa china memiliki 4 musim yaitu semi,panas,gugur,dan salju.

Festival ini juga memiliki legenda tersendiri dimana salah satunya adanya tentang monster NIAN. Monster yang sering menculik anak anak pada malam hari dan akhirnya masyarakat mulai resah.

Diketahui bahwa Nian sangat tidak suka dengan warna merah dan bunyi bunyi yang mengganggu. Sehingga pada malam itu semua orang berkumpul menggunakan baju merah dan menyalakan petasan.

Nian menjadi takut dan semenjak itu tidak pernah lagi mengganggu penduduk disana. Semenjak itu penduduk selalu merayakan setiap tahun dan menjadi sebuah festival.

Imlek juga dikenal dengan Shio dan pada tahun ini 2019 merupakan tahun Shio Babi. Jumlah shio ada 12 dimana juga ada ceritanya dimana mereka melakukan lomba Lari untuk mengambil urutan.

12 Shio ini adalah Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing , Monyet, Ayam, Anjing, Babi. Disaat mendekati garis finis mereka harus melewati Sungai dimana kerbau dan tikus duluan menyebrang.

Namun pada saat mau mencapai finis tikus loncat dan menjadi pemenang pertama disusul kerbau di posisi kedua dan seterusnya. Tahun baru Imlek selalu diramaikan dengan berbagai makanan yang berfilosofi.

Imlek identik dengan angpao dan sebelum kamu meminta angpao kamu harus mengucapkan mantra sucinya. Gong Xi Fa Cai baru kamu bisa dapat angpao jika kamu belum menikah.

Pada saat mengatakan Gong Xi Fa Cai kamu juga harus mengepal kedua tangan kamu seperti berdoa. Tangan kanan dikepal tangan Kiri dan jempolnya berbentuk tulisan cina Ren.

Jempol kanan lebih tinggi dari jempol tangan kiri yang memiliki arti manusia. maksud dari kepalan tangan yang berarti berpasangan, tangan kiri melambangkan pria dan kanan melambangkan wanita.

Dalam Tradisi cara pemberian salam juga berbeda sesuai dengan status orang yang disapanya. Jika posisi lawan bicara lebih rendah, maka pai di bawah dada.

Jika sederajat, maka pai setara dada dan jika lebih tua, maka pai di atas dada atau di depan wajah. Tentu saja ini merupakan bentk sopan santun yang dipengaruhi oleh folosofi konghucu.