Cemilan Dodongkal Bogor Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Jika kamu suka makan dan juga berjalan jalan pastinya kamu harus mengetahui tentang Cemilan Dodongkal Bogor yang sangat unik

Di Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak sekali varian makanan yang pastinya beragam. Jika kamu hobi travel yang tidak selalu dikaitkan dengan luar negri saja namun juga melakukan perjalanan keliling dalam negeri.

Indonesia sendiri memang terkenal memiliki banyak sekali daerah dengan keunikan yang luar biasa. Salah satunya ada Di Bogor dimana ada sebuah jajanan tradisonal yang masih banyak dijual dan wajib banget untuk dibeli.

Dodongal merupakan cemilan tradisional khas bogor yang masih terjaga dengan baik dan dikonsumsi. Makanan ini merupakan makanan yang hanya bisa ditemukan banyak di Bogor dipasar yang wajib dikonsumsi.

Bogor sendiri memang dikenal dengan sebutan Kota Hujan yang memiliki rasa dari kue putu. Namun bentuknya yang berbeda dengan kue putu karena bentuknya yang mirip dengan nasi tumpeng seperti bentuk segitiga.

Jika dilihat sekilas akan mirip dengan nasi tumpeng bedanya hanya isian dan juga ukurannya. Rasanya tentu saja berbeda karena memiliki isian gula jawa merah yang tentu sangat enak jika dimakan saat masih hangat.

Dodongal terbuat dari bahan yang bisa dibilang hampir sama dengan pembuatan putu. Tiga bahan utama yang diperlukan untuk membuat dodongal adalah tepung beras, gula aren atau gula jawa, dan kelapa parut.

Menjadi sebuah jajanan tradisional yang sudah sangat sulit untuk ditemukan karena jarang dibuat. Adapun kerumitan karena bentuk yang harus konsisten tidak seperti saudaranya kue putu yang mudah dibuat.

Cemilan Dodongkal Bogor

Cemilan Dodongkal Bogor Yang Beda Dengan Putu

Untuk soal rasa memang mirip namum ada bedanya yaitu dodongal lebih padat dibanding putu. Jika biasanya putu memiliki gula merah pada bagian tengah namun dodongal gula aren disusun tidak beraturan selang seling.

Putu sendiri dicetak menggunakan bambu yang dikukus sedangkan Dodongal tidak menggunakan bambu. Dodongal dicetak menggunakan ayaman daun bambu yang dikukus menggunakan alat yang dikenal Seeng

Sehingga dodongal memiliki bentuk seperti tumpeng mini yang imut dan juga rasanya enak. Yang membuat unik adalah penggunaan Kelapa Muda parut yang membuat dodongal memiliki rasa yang semakin gurih dan enak.