Hidangan Siput Gonggong Khas Pesisir Bangka Belintung

Beragam jenis makanan olahan dari pantai yang banyak di Indonesia salah satunya di Bangka Belitung yaitu Hidangan Siput Gonggong

Banyak yang belum menjelajah pelosok di Indonesia salah satunya di Bangka Belitung. Disini kamu akan menemukan banyak sekali pantai yang jernih dan juga indah tentu saja disini ada makanan yang jarang ditemui.

Siput merupakan hewan yang memiliki cangkang keras yang berfungsi untuk menlindungi tubuh lunak. Hewan siput sendiri memang memiliki tubuh yang tidak bertulang sehingga bertekstur lembek dan juga enak.

Ketika kamu berkunjung ke bangka belitung tentu saja tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan ikonik. Di Bangka Belitung ada makanan seafood yang menjadi ikon dari tempat ini yaitu siput gonggong yang sangat khas.

Banyaknya dan mudah ditemukannnya jenis siput di pesisir pantai yang membuat banyak diburu. Hal ini menyebabkan populasi dari siput ini menjadi tidak terkendali untuk diambil penduduk sekitar pantai.

Tidak hanya penduduk yang mengambil siput ini tanpa kendali dan untuk menebalkan kantong pribadi. Perusahaan timah juga banyak di Bangka belitung yang membuang limbah langsung yang tentu saja berbahaya.

Namun kalian tidak perlu takut jika berkunjung ke bangka untuk menikmati Hidangan Siput Gonggong. Banyak tempat makan yang menjual siput yang steril dan juga aman sehingga tidak perlu khawatir makan.

Tentu saja seporsi siput ini tidak mahal karena bangka sangat dengan pantai sehingga mudah didapat. Dan untuk memakannya akan diberikan tusukan atau lidi dan juga saus sambel kecap untuk teman cocolan siput.

Dikarenakan banyak ditemukan di pantai harga dari siput ini juga tidak terlalu mahal untuk dijual. Untuk memasaknya tergantung beberapa warung yang ada di sekitar pantai pasti akan menjual andalannya.

Siput ini biasanya akan direbus atau dimasak bumbu yang tentu saja menambah kenikmatan olahan. Tekstur dari siput ini juga sangat unik dan memiliki tekstur yang kenyal dan juga gurih dari air laut asli yang segar.

Untuk bisa memakan siput ini biasanya akan diberikan tusuk gigi untuk mengeluarkan daging dari cangkang. Tidak hanya bisa ditemukan di rumah makan di restoran bangka belitung siput juga jadi primadona.