Ikan Belut Listrik Kemampuan Mengeluarkan Listrik Tegangan Tinggi

Siapa yang tidak mengenal jenis Ikan Belut Listrik yang sangat dikenal berbahaya karena bisa menyetrum listrik yang bisa sangat mematikan

Memang terlihat imut dan juga tidak ada hal aneh tentang salah satu ikan belut ukuran besar ini. Hewan yang dikenal karena bisa mengeluarkan kejutan listrik yang mempunyai tegangan tinggi yang sangat mematikan.

Belut listrik ini sangat banyak ditemukan dirawa yang berair tawar dan berbentuk seperti belut. Tubuhnya yang panjang dan juga berlending serta memiliki sirip pada bagian punggung dan juga pada bagian perutnya.

Memiliki nama ilmiah yang menggambarkan karakter dari belut ini yaitu Electrophorus electricus. Belut ini sering ditemukan di rawa yang teduh di Sungai Orinoco dibagian timur laut amerika selatan yang ditutupi rawa.

Cara berkembang biak dari belut ini sangat unik dan kedua orang tua belut akan bekerja sama. Belut jantan akan bertugas untuk membuat sarang pada tanah sehingga tidak terseret arus yang kencang dan diberi Lendir.

Untuk Betina akan dibuahi oleh jantan akan bisa menghasilkan 1000 butir telur didalam sarannya. Telur akan terus dijaga bergantian dari jantan dan juga betina sampai akhirnya telur menetas dan menjadi bayi belut listrik.

Kemampuannya yang sangat berbahaya ini tentu saja sangat mematikan jika tersentuh. Hal ini tentu saja membuat belut ini tidak ada yang ditangkap karena sangat berbahaya jika tidak menggunakan pengaman.

Bahkan dengan pengaman yang lengkap juga masih sulit karena belut juga licin dan susah di tangkap. Setelah ditangkap maka harus didimasukan kedalam konterner yang anti listrik untuk di bawa dan diteliti ilmuan.

Kedua induk ini akan tetap menjaga sampai anak belut mencapai ukuran 4 inch atau sepuluh centimeter. Dengan ukuran tersebut belut akan dibiarkan untuk hidup mandiri dan belut ini hidupnya tidak berkelompok

Belut ini bernafas menggunakan insang seperti ikan pada umumnya dan menggunakan mulutnya untuk mengambil oksigen. Organ Belut ada di depan kepala dan ekornya digunakan sebagai alat penggerak tubuhnya.

Ikan Belut ini bisa berpotensi mengeluarkan listrik sebesar 500 Volt untuk melindungi dirinya. Hewan ini juga termasuk karnivora mengkonsumsi daging dan menggunakan listrik untuk membunuh musuh sampai mati.