Ikan Dokter Karang Yang Memiliki Kemampuan Khusus Yang Unik

Biasanya peneliti yang akan memeriksa keadaan tempat baik didarat atau dilaut uniknya ada jenis Ikan Dokter Karang yang sangat unik

Bagian terpenting lautan dan selalu bisa membuat penyelam betah lama didalam lautan. Selain Ikan yang beragam tentu saja dengan adanya Terumbu karang yang merupakan tempat tinggal dari banyak jenis ikan.

Saat ini sudah banyak terumbuk karang yang tidak terjaga baik dan justru dirusak orang tidak bertanggung jawab. Karang sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak dari mencegah abrasi pantai dan percantik lautan.

Tentu saja jika terumbuk karang musnah bisa menyebabkan kekacauan yang sangat besar. Banyak species ikan yang akan punah dan bisa menyebabkan gelombang besar yang akan menghantam pesisir pantai.

Ikan yang punah tentu saja akan membuat anak cucu kita hanya melihat dokumen foto saja. Saat ini terumbuk karang juga sudah banyak yang ikut berpartisipasi untuk bisa menanamnya kembali untuk melestarikannya.

Hewan laut juga menggunakan terumbuk karang untuk tempat berlindung dan menjadi rumahnya. Salah satu jenis ikan yang sangat membutuhkan karang agar bisa bertahan hidup adalah jenis ikan butterflyfish yang unik.

Ikan Cantik ini memang sering ditankap dan dijual karena bentuk dan warnanya yang cantik. Ikan ini juga memiliki kemampuan khusus untuk bisa mendeteksi terumbuk karang yang masih dalam keadaan yang sehat.

Termasuk kedalam keluarga Chaetodontidae  dan ikan berukuran kecil ini memiliki warna cerah. Ciri yang paling dikenali adalah ikan ini memiliki garis motif pada bagian mata atau pada bagian tubuh dan bermotif unik.

Dikarenakan motif yang mirip kupu kupu ikan ini dikenal butterflyfish yang cukup kecil ukurannya. Ukuran terkecil dari ikan ini mencapai 12 cm dan ukuran terbesar ikan ini bisa mencapai 22 cm dan beragam warnanya.

Warna yang cantik dan cerah menghiasi tubuh ikan ini dari warna kuning, jingga, hitam, putih, biru, coklat. Dengan memilki warna yang cerah ikan ini bisa sembunyi dan menyesuaikan diri dengan warna dari karangnya.

Ikan yang aktif pada siang hari ini dan akan bersembungi dikarang pada malam hari untuk beristirahat. Makanan yang dikonsumsi ikan ini adalah polip karang, alga, dan plankton yang bisa ditemukan dipermukaan karang.

Bisa ditemukan disekitar perairan laut hangat dan bisa menandakan terumbuk karang sehat. Ikan ini juga memiliki kecepatan dalam berenang namun banyak ditangkap untuk menjadi ikan hias pada aquarium dirumah.