Ini Resolusi Kesehatan Buat Kamu Orang Kantoran!

Hobi Berita –┬áKita seringkali tanpa sadar menghabiskan waktu hanya untuk duduk seharian. Apalagi kalau sudah di kantor. Pekerjaan yang menumpuk pun jadi alasan. Padahal ini tidak menyehatkan bagi fisik maupun mental yang bersangkutan.

RESOLUSI

INFORMASI YANG DI DAPAT

Tak usah seharian, duduk lebih dari 8-9 jam sehari saja dapat meningkatkan risiko penggumpalan plak di arteri kaki. Belum lagi risiko diabetes dan obesitas, serta depresi.Kemudian muncul berbagai metode untuk mengatasi persoalan ini. Di antaranya dengan pemakaian meja berdiri atau bahkan treadmill desks. Tetapi solusi-solusi ini dianggap tidak praktis dan terlalu mahal.

Kondisi ini ditanggapi oleh peneliti gabungan dari University of Colorado Anschutz Medical Center dan Johnson & Johnson Human Performance Institute. Mereka memutuskan mengujicoba beberapa metode yang bisa dipakai pekerja kantoran untuk meningkatkan pergerakan mereka.Studi ini melibatkan 30 pekerja yang diundang langsung ke klinik kampus untuk melakoni sejumlah tes. Selama tiga hari, partisipan ambil bagian dalam 3 percobaan, semacam simulasi saat mereka bekerja.

Pertama, partisipan hanya diminta duduk selama 6 jam. Di percobaan kedua, mereka hanya diminta jalan kaki selama 30 menit di awal percobaan lalu duduk saja sampe 5,5 jam ke depan. Di hari ketiga, partisipan diminta berjalan kaki selama 5 menit tiap jam, menggunakan treadmill.Partisipan juga diminta menyelesaikan permainan di komputer yang memang dirancang untuk mengetahui kemampuan partisipan untuk berkonsentrasi dan membuat keputusan. Di tiap sesi, peneliti mengambil sampel darah partisipan untuk mengetahui kadar hormon stres, tingkat mood, energi dan nafsu makan mereka.

Terbukti, di tiap percobaan di mana ada pergerakan, rata-rata partisipan merasa lebih energik sepanjang hari, meskipun diselang-seling tiap jam atau hanya di awal percobaan. Demikian seperti dilaporkan New York Times.Namun bila keduanya dibandingkan lagi, mereka yang jalan 5 menit tiap jam mengaku lebih ceria, tidak mudah kelelahan, dan tidak terlalu banyak makan dibanding ketika melakoni dua percobaan lainnya.

“Studi ini membuktikan bahwa hanya dengan sedikit aktivitas saja sepanjang hari, ini bisa meningkatkan kesehatan seseorang, apalagi ini praktis,” tutur Jack Groppel, salah satu peneliti dari Johnson & Johnson Human Performance Institute.Dengan ini, ia menepis anggapan bahwa mengambil jeda saat bekerja dengan berjalan kaki hanya akan membuat seseorang kelelahan atau kelaparan. Jeda semacam ini juga terbukti tidak mengurangi kemampuan seseorang untuk fokus pada pekerjaannya, termasuk produktivitasnya.