Kenapa Petai Bau Dan Apakah Ada Manfaatnya Dikonsumsi

Pasti banyak yang sering bertanya Kenapa Petai Bau jika setelah dikonsumsi dan manfaat yang diperoleh dari makan petai itu apa

Sering ditemukan di Indonesia untuk dijadikan makanan namun ada yang suka dan tidak suka. Jika dilihat dan dicium tidak berbau aneh namun setelah dimakan dan aroma khas akan muncul dari dalam mulut.

Termasuk jenis sayuran yang banyak ditemukan di Asia tenggara namun Banyak ada di Indonesia. Sering menjadi lalapan yang jika disukai tentu saja sangat enak serta ada juga varian sambel yang menggunakannya.

Sayur ini seperti biji namun bisa dikonsumsi langsung dan berwarna hijau dan ada yang coklat tua. Tanaman ini memiliki 8-9 polong yang bisa dikonsumsi secara langsung yang dikenal masyarakat indonesia Biji Petai.

Memiliki nama ilmiah Parkia speciosa yang terkenal memiliki aroma yang khas saat dikonsumsi. Tanaman petai ini juga tumbuh dipohon yang tingginya bisa mencapai 30 meter dengan bunga berbentuk Bohlam.

Buah petai ini akan lunak saat masih muda dan ketika sudah tua akan menjadi keras. Penyebab dari petai bau adalah kandungan exathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dantetrathiepane.

Untuk menghilangkan bau petai ini bisa menggunakan bubuk kopi atau mengunyah mentimun. Mengurangi bau petai dapat juga dilakukan dengan merebusnya terlebih dahulu sehingga tidak terlalu bau setelah dikonsumsi.

Manfaat dari biji petai ini memang sangat banyak dan mengobati sembelit sampai susah buang air besar. Kandungan Zat besi, kalisum, fosfor, magnesium, mangan, dan kalium terdapat dalam biji petai yang bau ini.