Keripik Kentang Goreng Ternyata Diciptakan Tanpa Sengaja

Kentang dapat dioleh menjadi berbagai jenis olahan makanan salah satunya adalah Keripik Kentang Goreng yang dibuat karena kesal

Menjalankan bisnis disebuah restoran tentu saja tidak mudah belum lagi adanya request dari pembeli. Hal ini terjadi disalah satu restoran pada waktu lebih dari 100 tahun telah berlalu.

Dikisahkan dalam buku William Kitchiner pada tahun 1822 Resep dari Kripik kentang. Buku yang berjudul The Cook’s Oracle menuliskan bahwa keripik kentang ini dulunya disebut dengan kentang goreng tipis.

Resep pembuatan kentang juga dituliskan dalam buku tersebut yaitu mengiris kentang secara tipis. Tipisnya irisan akan membuat kentang menjadi renyah saat digoreng dan ditaburi sedikit garam.

Yang membuat keripik kentang ini terkenal bukan karena resepnya namun karena koki yang kesal. Diketahui bahwa keripik ini berhasil diciptakan oleh George Crum pada tahun 1853 yang kesal kepada konsumennya.

Disuatu saat koki ini mendapatkan bahwa kentang yang dibuatnya dikembalikan oleh pembeli. Sang pembeli beralasan bahwa kentangnya dibuat terlalu tebal sehingga tidak renyah dan kurang asin.

Koki mengiris kentang kembali dan menyajikannya namun respond yang sama didapatkan olehnya. Karena Kesal koki mengiris kentang dengan sangat tipis lalu digoreng dan ditaburkannya garam yang banyak.

Kejadian ini terjadi di Moon’s Lake House sebuah restoran mewah yang terletak di tepi Danau Saratoga. Dan setelah itu George Crum berhenti dan membukan restorannya sendiri dan menjual keripik kentang.

Keripik kentang menjadi sangat terkenal pada tahun 1800 an namun kentang hanya ditaburi garam. 100 tahun berlalu mulailah ada inovasi yang terjadi yaitu menggunakan bumbu berasa selain garam.

Salah satu penemu rasa pada keripik kentang adalah seorang pengusahan kripik asal Irlandia. Joe Murphy menciptakan rasa seperti Keju & bawang bombay serta garam & cuka dan saat ni keripik sudah banyak rasa.