Kesenian Dorodango Jepang Menggunakan Lumpur Untuk Dijadikan Bola

Jepang Memang sudah tidak perlu lagi ditanyakan tentang festival yang sangat unik salah satunya adalah Kesenian Dorodango Jepang

Hal yang paling membuat ibu kalian kesal adalah pada saat kalian bermain sampai kotor. Ketika hujan tentu saja kamu akan bermain digenangan air dan juga tanah yang basah pasti akan kamu temukan lumpur disana.

Lumpur yang menempel dipakaian tentu saja akan sangat sulit dibersihkan sehingga membuat ibu marah. Namun tahukah kamu bahwa dibeberapa negara lain lumpur bisa dijadikan sebuah mahakarya yang sangat bernilai.

Jika dikorea Selatan ada festival yang menggunakan lumpur yang bisa membuat tubuh menjadi sehat. Sedangkan dijepang ada festival dimana lumbur yang dikumpulkan dan dibentuk menjadi bentuk bola yang unik.

Bola dari lumpur ini di negara bunga sakura dikenal dengan Dorodango yang sangat indah. Memang jika mendengar bermain dengan lumpur hal yang pertama kali kamu pikirkan adalah jorok dan tentu saja tidak sehat.

Namun berbeda dengan negara jepang yang menggunakan lumpur sebagai sebuah tradisi kesenian tradisional. Dorodango merupakan bola dari lumpur yang berkilauan dan memiliki banyak warna yang menarik.

Istilah Dorodango ini jika diterjemahkan memiliki arti yaitu Pangsit dari Lumpur. Dimana Terdiri dari dua kata yaitu Doro yang berarti lumpur dan Dango adalah pangsit yang bulat biasanya terbuat dari tepung beras.

Kesenian Dorodango Jepang memiliki asal usulnya dan siapa penciptanya masih belum diketahui. Dan para pakar menyakini bahwa kegiatan ini biasa dilakukan oleh para pelajar disekolah untuk mengisi waktu luangnya.

Dorodango sendiri yang dibuat oleh anak anak pastinya memiliki tektur yang masih sangat kasar. Sehingga para seniman membuatnya sampai menjadi berkilau dan permukaannya halus dan melalui proses panjang.

Untuk membuat Dorodango membutuhkan lumpur, air, dan tanah liat sehingga bisa menjadi keras. Untuk membentuk bola tentu saja harus melalui proses yang konsisten dan tepat sehingga bisa bulat sempurna.

Bola yang dibuat ini padat dan tidak ada rongga didalamnya sehingga memiliki berat yang lumayan berat. Membuat dorodango bisa membuat perkembangan psikologis untuk menguji kesabaran dan kesempurnaan.