Konsumsi Tinta Cumi Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak yang merasa tidak suka jika melihat orang Konsumsi Tinta Cumi karena hitam dan bisa membuat gigi menjadi hitam juga

Tinta Cumi

Siapa yang tidak mengenal hewan cumi yang memiliki tentakel dan juga kemampuan berubah warna. Bisa diolah menjadi berbagai makanan dan harus memperhatikan waktu untuk memasaknya sehingga tidak alot.

Cumi memang termasuk hewan laut yang sangat enak dikonsumsi dan memang tidak murah. Ukuran dari hewan laut ini juga ada yang kecil dan sangat besar sehingga harganya juga tinggi karena susah untuk ditangkap.

Rasa dari Cumi memang sedikit kenyal dan memiliki aroma amis yang tidak terlalu disukai. Cumi sering banget salah dikenal dengan sebutan Gurita atau sotong yang ternyata memang sekilar terlihat mirip.

Gurita memiliki kepala seperti balon sedangkan cumi memiliki tubuh ramping dan lebih panjang. Sotong sendiri berukuran lebih kecil dan mirip dengan cumi dan yang terlihat berbeda adalah tentakel cumi lebih panjang.

Cumi memang menjadi menu andalan jika makan diluar bisa diolah menjadi berbagai masakan. Bisa digoreng, ditumis, bahkan direbus saja dan ditambah dengan sambal sudah enak apalagi jika membakarnya.

Hewan ini tentu saja tidak mudah ditangkap apalagi jika sudah terancam akan cepat kabur. Sebelum kabur hewan ini akan mengeluarkan cairan yang berwarna hitam pekat dan ini akan sangat mengganggu penglihatan.

Membuat air menjadi keruh dan cumi bisa berenang dengan cepat menghindar dari tangkapan. Tentu saja akan mudah ditangkap jika sudah tahu cara menangkapnya dan bisa siap dijual kepasar untuk diolah.

Biasanya yang sudah dibeli dari pasar tinta yang hitam ini tidak dibuang oleh penjualnya. Dan setelah dibeli oleh ibu kita pasti sebelum diolah akan dibersihkan dan akhirnya dibuat begitu saja karena tidak bisa dimakan.

Konsumsi Tinta Cumi

Konsumsi Tinta Cumi Ternyata Sudah Biasa Dilakukan

Namun ternyata tinta ini sangat bagus untuk kesehatan dan bisa untuk dikonsumsi. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa dalam tinta cumi terkandung antioksidan, antibakteri, antiperadangan, hingga antikanker.

Tinta memang sudah dimanfaatkan dari zaman dahulu terutama untuk kecantikan tubuh. Makanan yang berasal dari mediterania sudah biasa mencampurkan tinta yang hitam ini kedalam masakan harian mereka.

Jepang juga sudah mulai mengkonsumsi tinta ini dalam masakan mereka walau tidak banyak. Warna hitam ini dihasilkan oleh kandungan melanin yang juga tinggi akan asam amino, enzim, dan hormon yang dibutuhkan.