Lalapan Tanaman Kecipir Yang Bisa Ditemukan Sebagai Campuran Pecal

Indonesia memilki banyak sekali cara memasak dan paling disukai adalah merebus dan menjadi Lalapan Tanaman Kecipir yang sehat

Mendengar tentang Kecipir mungkin akan sangat asing dan bahkan tidak pernah terdengar. Daun ini ternyata bisa kalian temukan dalam campuran makanan gado gado ataupun pecel sayur yang sering kalian konsumsi.

Sayur hijau ini memang sangat jarang terdengar dan asing bahkan tidak akan masuk daftar masakan kalian. Kecipir sendiri merupakan jenis tanaman menjalar bernama ilmiah Psophocarpus tertragonolobus L.

Tanaman menjalar ini ternyata mampu menjadi obat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Dan tentu saja sebutan untuk daun kecipir ini akan berbeda beda disetiap daerah Dipalembang dikenal Kacang embing.

Sebutan berbeda juga ditemukan di Sumatera banyak yang menyebut Kacang Belingbing atau kacang botol. Nama lain dari kecipir ini juga meliputi Cipir, cicipir, kacang botor, kacang kumbotor, dan biraro.

Biasanya daun ini akan dimakan dengan cara direbus saja dan akan dimakan sebagai lalapan. Untuk menambah rasa biasanya akan dikonsumsi bersamaan dengan sambal terasi dan sayuran lain.

Dalam Pecel sendiri memerlukan banyak sayuran Seperti Kemangi, ketimun, labu siam, dan Selada Air. Kecipir sendiri memiliki buah yang panjangnya bisa mencapai 20 cm dan berwarna hijau dan sangat enak.

Teksturnya yang lunak dan memiliki kandungan protein tinggi serta banyak vitamin ABC. Perlu diketahui bahwa kecipir bisa dimakan semua kecuali bagian batangnya bagian lain dari kecipir aman untuk dimakan.

Bagian yang aman dan bisa untuk dimakan adalah bagian daun, bunga, polong muda, biji, dan umbi. Jika Di Asia tenggara sayur ini biasanya yang dikonsumsi adalah bagian biji sedangkan papua nugini daun dan bunga.

Tanaman ini selain bisa dimakan menjadi lalapan juga bisa untuk dijadikan obat yang bermanfaat. Beberapa khasiat yang bisa dihasilkan untuk menambah selera makan, obat radang telinga, dan bisa menjadi obat Bisul.

Kemampuan tanaman ini juga bisa mengikat gas nitrogen yang tersebar bebas diudara sekitar. Dan Tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyuburkan tanah bahkan sering dikumpulkan untuk pakan ternak sapi.