Lubang Besar Sukabumi Bukan Pertama Kali Terjadi

Kejadian yang mengejutkan masyarakat karena melihat Lubang Besar Sukabumi yang memitus listrik sebagian warga Desa Sukamaju

Kejadian yang jarang terjadi di indonesia yaitu munculnya lubang besar secara tiba tiba. Warga Kampung RT 05/ RW 02 Desa Sukamaju, Kecamatan , Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi salah satu tempat yang kena.

Lubang yang muncul didaerah persawahan yang awalnya terdengar suara gemuruh yang sangat besar. Tentu saja mendengar suara tersebut membuat para warga menjadu terkejut dan keluar untuk melihat.

Setelah kejadian dan suara gemuruh yang besar sehingga listrik di desa langsung padam semua. Ternyat kejadian seperti ini tidak membuat penduduk sekitar menjadi ketakutan melihat lubang yang besar ini.

Ternyata kejadian seperti ini sudah pernah terjadi disukabumi tepatnya pada tahun lalu. Lubang sempat terbentuk dilokasi yang sama tepatnya pada tanggal 9 september 2018 dengan diameter kurang lebih 6 meter.

Kedalaman lubang yang pernah terjadi ini mencapai 10 meter dan jaraknya hanya berbeda 4 meter. Lokasi kejadian sangatlah berdekatan tentu saja penduduk mulai bertanya apa yang sebenarnya terjadi dengan desa.

Diketahui lubang kedua ini memiliki kedalaman yang jauh lebih dalam dari lubang pertama. Gejala awal seperti gempa dan terdengar suara yang sangat besar banyak dugaan bahwa lubang ini perebaran lubang lama.

Ternyata setelah dilihat lubang ini merupakan lubang baru yang baru tercipta ungkap salah satu warga. Kejadian ini sekitar jam 4 subuh dan pada saat itu juga sedang turun hujan deras yang terjadi subuh itu.

Lubang Besar Sukabumi

Lubang Besar Sukabumi Karena Ada Lubang Bawah Tanah

Hujan deras yang mengguyur desa tersebut membuat longsor dan munculkan lubang besar. Lubang kedua ini hanya berjarak sekitar empat meter dari lokasi lubang pertama yang terjadi pada tahun lalu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga sedang melakukan penelitian dengan lubang ini. Kemungkinan besar terciptanya lubang ini karena adanya aliran air pada bagian dalam tanah yang membuat lubang.

Lubang yang terjadi dalam tanah ini tentu saja membuat permukaan menjadi rapuh menerima tekanan atas. Sehingga kemungkina besar akan terjadi lagi masalah lubang besar ini pada desa ini.