Makan Tengah Malam Bisa Saja Kamu Alami Gangguan Ini

Kebiasan yang sering kamu lakukan seperti Makan Tengah Malam ternyata merupakan sebuah kebiasan makan yang termasuk dalam gangguan kesehatan

Makan Malam

Lapar tentu saja kamu akan mulai untuk mencari makanan untuk mengisi perut kamu supaya kenyang. Biasanya kita mengkonsumsi makanan selama tiga kali dari makan sarapan, makan siang, dan makan malam.

Namun juga ada kebiasaan dimana kamu mulai lapar pada saat tengah malam tiba. Biasanya gangguan ini dikenal dengan istilah Night Eating Sindrom atau NES dimana perut akan merasa lapar pada tengah malam.

Para penderita NES akan merasa kenyang dan tidak berselera untuk makan pada siang atau malam hari. Tentu saja makan siang dibutuhkan dikarenakan tubuh harus melakukan aktivitas dan energi dari makanan.

Biasnya penderita NES prosi makannya akan lebih sedikit dibandingkan porsi makan tengah malam. Walaupun termasuk kedalam gangguan namun berbeda dengan binge eating disorder atau kecanduan makan.

Bagi yang menderita binge eating disorder biasanya akan kecanduan suatu makanan dan terus dimakan. Tidak merasa cukup dan dimakan berkali kali tanpa ada rasa bosan sementara NES hanya porsinya lebih banyak.

Dalam beberapa kasus diketahui para penderita NES akan merasa kelaparan pada tengah malam. Membuat mereka akan terbangun pada tengah malam dan mulai mencari makanan karena mulai kelaparan.

Tentu saja jika perut tidak kenyang maka belum bisa kembali ke kasur untuk lanjut istirahat. Hal ini disebabkan karena Kadar yang dihasilkan oleh hormon Melatonin yang membuat ngantuk lebih rendah dari biasa.

Biasanya para penderita NES ini dikarenakan terlalu banyak tekanan mental sampai menyebabkan Stress. Suasana Hati, Cemas, Dan juga Pola Makan yang tidak teratur bisa menjadi pemicu untuk penderita NES.

Makan Tengah Malam

Makan Tengah Malam Sebaiknya Hindari Yang Manis

Ada juga yang bisa disebabkan oleh faktor keturunan bahkan ada kasus satu keluarga penderita NES. Tentu saja ada yang menyebutkan ini bukanlah sebuah kebiasaan buruk dan ini merupakan pengobatan.

Ketika stress yang sedang terjadi membuat tubuh merasa lapar dan tidak bisa kembali tidur. Dengan makan dan kenyang tentu saja perasaan akan menjadi tenang dan bisa untuk kembali beristirahat untuk penderitanya.

Biasanya juga para penderita Insomnia juga bisa terdapat juga mengidam NES pada tengah malam. Penderita Insomnia lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan dan juga cemilan untuk mengatasi Insomnia.