Makna Janur Kuning Yang Masih Jarang Diketahui Masyarakat

Sering ditemukan di berbagai acara besar di Indonesia hampir sitiap daerah namun banyak yang belum tahu Makna Janur Kuning sebenarnya

Indonesia merupakan negara yang berhasil menyatukan beragam suku danjgua budaya. Kebudayaan yang ada di Indonesia memang sangatlah beragam dan sekarang sudah mulai beralih menjadi sebuah kewajiban.

Seperti pada saat pernikahan di beberapa daerah di Indonesia pastinya kamu akan menemukan hal ini. Didepan acara pasti akan diletakan Janur Kuning besar yang mungkin hanya dianggap sebuah hiasan yang cantik.

Ternyata Janur Kuning yang dipasang didepan lokasi pesta memiliki makna dan filosofinya. Makna dari Janur Kuning sendiri berasal dari dari kata Nur yang berarti cahaya sedangkan kuning yang memiliki arti Sabda Dadi.

Nur sendiri disandingkan kepada wanita yang akan tetap bersinar dan Kuning untuk doa. Doa dalam perwujudan hati dan jiwa yang bening dari setiap perkataan sehingga cita cita yang mulia ini bisa segera tercapai.

Di Indonesia Janur Kuning sendiri memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan lokasi dan dekorasi. Diantaranya adalah kembang mayang, mayang sari atau gagar mayang, dan umbul-umbul atau penjor.

Dengan menggunakan janur dalam pernikahan atau selametan tentu saja memiliki makna bagus. Sebagai sebuah ungkapan rasa senang dengan adanya harapan baru yang akan dihasilkan dari hati dan jiwa yang tenang.

Menjadi sebuah simbol yang sangat penting untuk suku jawa dalam segala kegiatan. Tidak hanya dijawa saja namun juga di bali yang masih kental dengan kebudayaan dan simbol agung dan juga simbol harapan bagus.

Makna Janur Kuning

Makna Janur Kuning Sangat Penting Untuk Suku Jawa

Singkatnya adalah Janur Kuning ini dipasang untuk simbol Pengantin yang sedang berbahagia. Beberapa tipe harus dicoba untuk mengerti maksud dari janur kuning memiliki fungsi dan juga makna dan simbol berbeda.

Untuk yang digunakan dalam pernikahan adalah jenis Mayang sari atau Gagar mayang tingginya 180 Cm. Berbentuk seperti mahkota dan dihiasi dengan buah dan bunga dan diletakan dikiri dan kanan pengantin.

Yang ada didepan lokasi pesta atau gedung adalah Penjor atau umbul-umbul yang sangat besar. Tujuan peletakan penjor agar orang lain tahu bahwa sedang ada pesta pernikahan yang sedang dilakukan disitu.