Manfaat Daun Pandan Yang Masih Jarang Diketahui

Banyak yang sering menggunakannya dalam campuran berbagai masakan dan banyak yang belum mengetahui tentang Manfaat Daun Pandan

Sering banyak digunakan untuk campuran bahan masakan untuk bisa mengharumkan masakan. Banyak yang menggunakan daun hijau ini juga sebagai pewarna alami yang pastinya aromanya sangat menggugah selera.

Biasanya daun hijau ini juga ada yang dijadikan sebagai hiasan untuk menghiasi kue dan pemanis. Aroma dari daun ini memang sangat khas dan jika dicampur dalam masakan akan membuat masakan wangi dan enak.

Pandan sendiri termasuk jenis tanaman perdu atau semak yang bisa tumbuh dengan sangat tinggi. Daun pandan sendiri bisa banyak ditemukan di negara yang beriklim tropis dan tingginya bisa mencapai 1-2 meter.

Tanaman ini juga sangat dikaitkan dengan jenis hewan yaitu musang pandan karena baunya. Musang ini akan mengeluarkan aroma khas yaitu bau dari pandan dan musang ini mengunyah dan menggosoknya ketubuh.

Jika dijadikan sebagai pewarna masakan dan makanan secara alami selain wangi warnanya juga cantik. Biasanya daun pandan hanya dijadikan campuran masakan namun ada manfaat yang jarang sekali diketahui.

Memiliki aroma yang sangat wangi dan daun ini juga mampu untuk menghasilkan warna hijau alami. Pewarna yang berbahan alami akan memberikan warna yang menarik dan juga aroma pandan yang khas.

Kegunaan dari tanaman pandan ini masih jarang untuk diketahui dan sekedar untuk penyedap saja. Tumbuhan ini juga bisa tumbuh dengan mudah sehingga mudah ditanam dipekarangan yang disekitar rumah.

Daun pandan ternyata bisa menyembuhkan masalah ketombe, menambah nafsu makan, dan menghitamkan rambut. Pandan ini juga merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman hias untuk pekarangan rumah.

Tidak membutuhkan cahaya matahari terus tanaman ini sudah bisa tumbuh dan bisa tumbuh di pesisir. Pandan juga bisa dibuat menjadi anyaman dan buah serta bijinya bisa dikonsumsi secara langsung.

Daun pandan sendiri tidak hanya bisa ditemukan didarat saja dan banyak untuk digunakan. Ada juga daun pandan laut yang sering dijadikan untuk kerajinan karena memiliki daun yang lebih tebal untuk dirangkai.