Manfaat Oncom Hitam Mampu Atasi Racun Alfatoksin

Negara Indonesia memang terkenal dengan beragam makanannya salah satunya seperti Manfaat Oncom Hitam yang jarang diketahui

Olahan makanan yang ada di Indonesia sangat banyak karena lokasi yang sangat strategis. Hampir berbagai negara datang ke indonesia untuk bisa melakukan perdagangan dalam bentuk apapun terutama makanan.

Indonesia sejak dari dulu sangat terkenal dengan banyaknya rempah rempah yang sangat berkhasiat. Kualitas Rempah yang ada di indonesia termasuk paling baik dan tidak akan ditemukan di negara yang lain.

Pada zaman dahulu banyak sekali negara lain yang datang sampai Indonesia akhirnya dijajah belanda. Memang indonesia terkenal dengan rempah dan satu lagi nih yang terkenal yaitu makanannya yang enak.

Olahan makanan indonesia memang mirip mirip namun berbeda karena sudah cocok di lidah indonesia. Ada beberapa makanan yang tidak akan ditemukan di luar negeri yaitu TEMPE kacang kedelai yang difermentasi.

Berbeda dengan kacang fermentasi jepang yang dikenal dengan sebutan NATTO yang sangat khas. Natto sendiri bertekstur masih bentuk kacang dan memiliki bau serta rasa yang sangat jarang disukai orang lain.

Sedangkan Tempe berbentuk sudah dipadatkan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan. Pembuat dari tempe bisa kamu temukan dikota kota besar indonesia namun ada satu kota yang terkenal berbeda.

Ada salah satu jenis makanan yang berasal dari daerah Sunda memiliki sebutan Oncom Hitam. Oncom memiliki rasa yang sangat khas dan pembuatannya mirip dengan tempe namun prosesnya lebih lama.

Jadi Oncom akan bisa dipanen jika sudah muncul sporanya dan memmiliki banyak manfaat. Banyak yang masih kurang mengenal oncom ternyata memiliki rasa yang kuat dan juga manfaat yang masih jarang diketahui.

Manfaat Oncom Hitam Yang Baik Jika DiKonsumsi

Dalam proses pembuatan dari oncom ini kedelai dicampuran dengan berbagai mikroba berbahaya. Salah satunya adalah mikroba yang menyebabkan racun alfatoksin yang sangat bebahaya bagi tubuh.

Namun melalui proses fermentasi, sanitasi dan penjagaan yang ketat racun ini bisa sangat bagus untuk dikonsumsi. Manfaat yang paling umun jika ingin memakan oncum untuk memperbaiki masalah perut kembung.

Oncom juga memiliki nutrisi yang mirip dengan tempe yaitu protein dan karbohidrat yang tinggi. Namun oncom ini sangat bagus untuk dikonsumsi bagi para pengidam masalah diabetes dan juga kolestrol jangka panjang.

Manfaat Oncom Hitam

Kandungan dari oncom ini tidak bisa secara langsung menyehatkan tubuh kamu namun dengan perlahan. Tubuh akan menyerap nutrisi pada oncom baru disebarkan keseluruh tubuh serta bisa membersihkan darah.

Siapa yang menyangka bahwa oncom hitam ini mampi menjaga rongga hidung sehingga lebih mudah bernafas. perlu dicatat juga bahwa oncom masa bertahannya hanya 2 hari ditempat terbuka dan harus dibuang.

Jika masih kamu simpan oncom ini akan menghasilkan gas amoniak yang baunya mirip kentut. Dan Oncom tidak layak untuk dikonsumsi lagi dan bisa mengakibatkan gas amoniak dalam tubuh lebih banyak dan mules.