Manfaat Pohon Dewandaru yang Ada sering muncul di Perwayangan

Indonesia sendiri banyak yang masih mempercayai mistis dan menjaga baik kebudaan dan orang jawa pasti tahu Manfaat Pohon Dewandaru

Pohon Dewandaru

Sering masuk kedalam cerita perwayangan, catatan sejarah kuno, dan juga bahasa Sangsekerta Jawa. Ada Sebuah pohon yang dikenal masyarakat jawa yaitu Pohon Dewandaru yang memiliki arti sendiri dan kaya manfaat.

Dewandaru sendiri memeliki arti pembawa pesan dari para dewa dalam bahasa jawa. Pohon ini juga sangat terkenal karena mistisnya pohon ini serta banyaknya manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang luar.

Tanaman ini termasuk tumbuhan perdu atau semak besar yang mencapai ketinggian 5-8 meter. Batangnya juga tegak dan memiliki kulit berwarna coklat pohon ini bisa kamu temukan di jawa dan sumatra dan sekitarnya.

Nama latinnya Eugenia uniflora yang bisa dengan mudah ditemukan di Kepulauan Karimunjawa. Tanaman ini sendiri aslinya bukan dari negara Indonesia namun dibawa dari pantai timur Amerika Selatan zaman dulu.

Ditempat asalnya sendiri pohon ini memiliki nama sendiri yang dikenal pohon pitanga, Surinam Cherry, Brazilian Cherry, atau Cayenne Cherry.Di Indonesia, pohon ini disebut juga pohon cereme londo atau cereme belanda.

Manfaat Pohon Dewandaru

Buah dari ini juga terassa asam namun sering dipetik oleh anak anak untuk dimakan. Warna buah yang kuning jingga dan juga ada yang berwarna merah dan jika masih muda buah ini akan berwarna hijau muda.

Ternyata warna merah jingga pada buah memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan karena mengandung karotenoid. Yang memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas dan sebagai antioksidan alami bagi tubuh manusia.

Menjadi obat yang bermanfaat jika kamu terserang penyakit pencernaan seperti Diare. Kandungan minyak pada Daun dewandaru ini juga memiliki sifat menghilangkan rasa sakit atau sebutan ilmiahnya obat analgesik.