Manfaat Tinta Cumi Yang Mampu Melawan Sel Kanker

Sering dibuang bahkan tidak dikonsumsi karena dianggap aneh ternyata Manfaat Tinta Cumi untuk kesehatan cukup banyak terutama atasi kanker

Tinta Cumi

Kamu penggemar olahan laut tentu saja tahu banyak jenis olahan laut yang nikmat dan juga lezat. Ikan yang beragam tersedia sesuai dengan pesanan yang kami sukai dengan bumbu yang nikmat dibakar ataupun dikukus.

Selain daging ikan yang menjadi pilihan juga ada beberapa hewan laut yang nikmat disantan. Kerang dan juga Cumi tidak boleh ketinggalan dalam santapan tidak perlu bumbu berlebih dengan kecap dan sambal saja.

Membahas tentang cumi hewan yang sering disangka gurita ini memiliki tubuh yang lebih panjang. Sedangkan gurita memiliki bentuk yang membulat dengan delapan kaki bertentakel yang bisa menghisap kuat.

Sedangkan cumi hanya memiliki dua lengan panjang dan kaki kecil yang tidak bertentakel. Cumi lebih banyak ditangkap dan dijadikan olahan dengan teksturnya yang tidak terlalu kenyal dibandingkan gurita.

Kedua hewan baik cumi maupun gurita memiliki cara bertahan dari serangan musuhnya. Biasanya jika merasa terancam hewan ini akan mengeluarkan cairan hitam pekam yang kita sebut dengan tinta.

Rasa tinta yang hambar warnanya yang hitam pekam membuat banyak orang tidak berani memakannya. Ternyata dibalik warna yang hitam pekat ini kandungan yang dimiliki untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan.

Kandungan Enzim hormon, dan juga asam amino yang bagus untuk tumbuh kembang tubuh. Tinta dari cumi juga sering digunakan dalam industry seperti tinta tulis, bahan kosmetik, dan Pengobatan Tradisional.

Jarang digunakan di Indonesia namun tinta ini sering dicampur kedalam masakan di mediterania dan Jepang. Dengan mencampur tinta memberikan rasa umami dan gurih pada masakan yang campurannya.

Manfaat Tinta Cumi

Efek antioksidan dan juga antimikroba yang menjadi Manfaat Tinta Cumi mampu mengatasi radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas yang terpapar akan bisa menyebabkan kanker kronis, jantung dan diabetes.

Tinta gurita juga bisa menetralkan bakteri yang ada didalam mulut dan merusak plak gigi. Streptococcus mutans, Antinomyces viscosus, Lactobacillus acidophilus, dan Candida albicans bakteri yang dimulut.

Tidak lupa juga bakteri E. coli dan Listeria Monocytogenes yang biasa masuk dari makanan tanpa diketahui. Mengkonsumi tinta cumi juga bisa membuat otak menjadi mudah dalam mengingat dan konsentrasi.