Mengenal Dalai Lama Tokoh yang Dihormati Diberbagai Penjuru Dunia

Indonesia tentu saja sangat jarang mengetahui dan Mengenal Dalai Lama yang memang sangat identik dengan penganut agama Buddha

Indonesia memang memiliki beberapa agama yang diakui dan memiliki pengikut yang banyak. Agama Islam merupakan yang paling banyak dipeluk oleh orang indonesia dan menjadi masyarakat mayoritas.

Penduduk indonesia juga meresmikan bahwa agama Buddha juga merupakan salah satu agama. Namun untuk pemeluknya hanya sedikit di Indonesia yang menjadi masyarakat minoritas yang ada di Indonesia.

Mengetahui tentang agama buddha pasti kalian pernah mendengar tentang Dalai Lama yang di Tibet. Bagi yang belum tahu bahwa Dalai lama itu merupakan Kepala Bhiksu bagi kepercayaan buddha yang ada di Tibet.

Dalai Lama sendiri dikenal sangat bijaksana dan saat ini Dalai Lama dipimpin urutan ke 14. Ternyata Dalai lama bukannya orang namun merupakan gelar dan sebutan yang diberikan kepada kepala Bhiksu.

Ini merupakan tradisi di Negara Tibet yang dikenal dengan tradisi Gelugpa dan Dalai Lama punya arti. Lautan Pengetahuan merupakan maksud dari Dalai lama dan Orang yang diberi gelar ini mencerminkan sifat orangnya.

Untuk Tibet sendiri tidak menyebut dalai lama namun dipanggil Rgyal-ba Rin-po-che. Memiliki sebutan yang berbeda yaitu Rgyal-ba Rin-po-che dan artinya juga berbeda yaitu memiliki pengertian penguasa yang berharga.

Dalai Lama selain menjadi pemimpin Agama ternyata Juga sebagai Pemimpin pemerintahan. Awal kisah dimulai ketika Pemerintah China ingin mengatur Tibet tahun 1959 banyak penduduk yang meninggal.

Banyaknya korban yang berjatuhan karena melawan aturan Pemerintahan Negara China. McLeod Ganj, Dharamsala merupakan wilayah pegunungan yang dijadikan tempat pengungsian para Bhiksu pengikut tradisi Gelugpa.

Masyarakat disana sangat percaya bahwa Dalai Lama yang memimpin sekarang adalah Reinkarnasi. Kelahiran kembali dari Pemimpin Dalai Lama Sebelumnya yang sudah meninggal dan melanjutkan tugasnya.

Kepercayaan ini dipegang teguh oleh Bhiksu yang menjalankan tradisi Gelugpa di Tibet. Setelah melalui penyeleksian dari High Lamas atau Petinggi yang akan mencari laki laki yang lahir dari Reinkarnasi.

Cara mereka menemukan orang yang akan menjadi Dalai lama baru dengan mencari bayi laki laki. Jika ada bayi yang lahir berdekatan dengan kematian Dalai Lama Sebelumnya maka Bayi menjadi Calon selanjutnya.

Saat ini Dalai Lama ke 14 adalah Tenzin Gyatso dan telah Dipilih oleh para High Lama. Metoda untuk menemukan Bayi tidak hanya waktu yang berdekatan saja namun juga ada beberapa metode yang dilakukan.

Metode yang digunakan adalah melalui Mimpi, Media Asap, Dan menggunakan Danau Suci. Tenzin Gyatso ditemukan lokasi rumahnya mengunakan metode Danau Suci dan Tenzin Gyatso menjadi Dalai Lama.

Tenzin Gyatso sendiri sudah menjadi dalai lama sejak usianya 5 tahun dan menjadi tokoh peramaian dunia. Berbagai jenis nobel dan juga beberapa penghargaan kemanusiaan telah diterima oleh Dalai Lama Tenzin Gyatso.