Montong Asli Indonesia Yang Sering diklaim Miliki Negara Thailand

Pasti banyak yang belum tahu tentang buah Durian Montong Asli Indonesia yang sering kamu konsumsi jika berjalan jalan ke Thailand

Saat kamu berjalan jalan ke negara gajah putih kamu pasti akan menemukan buah yang sangat besar. Raja Buah yang diklaim merupakan Buah yang hanya bisa tumbuh dinegara Thailand yaitu Durian Montong.

Namun pasti banyak yang tidak tahu bahwa bibit dari durian montong khas thailand aslinya dari Indonesia. Durian montong sendiri terkenal dengan daging yang tebal dan rasa yang manis serta berbiji kecil.

Banyak yang tidak terlalu suka mengkonsumi daging buah durian ini karena tekstur yang lembek. Aroma dari durian motong juga sangat khas dan tidak disukai oleh beberapa orang bahkan orang thailand sendiri.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang rajin mengimpor buah durian montong dari thailand. Jika Buah durian montong dari indonesia kenapa harus impor lagi dari negara gajah putih thailand.

Tercatat Indonesia ada 19 ton durian yang diimpor dari thailand ke indonesia setiap tahunnya. Banyak yang tidak tahu bahwa bibit asli dari durian ini berasal dari jawa tengah tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

Bibit durian ini tidak dikenal dengan nama montong sehingga tidak banyak yang tahu nama bibitnya. Di Indonesia bibit dari durian yang berjenis sukun yang dikembangkan oleh orang thailand menjadi durian montong.

Hal yang menyebabkan durian montong ini tidak ditanam di Indonesia karena keterbatasan lahan perkebunan. Untuk menanam durian ini dibutuhkan lahan sebesar 10,000 hektar untuk hasil kualitas tinggi.

Durian montong tidak bisa dikendalikan di indonesia karena keterbatasan sehingga dialihkan ke thailand. Thailand sendiri bisa lebih fokus dalam hal memproduksi dan juga mengekspor ke negara lain termasuk Indonesia.