Nasi Bikin Ngantuk Apakah kamu pernah merasakannya

Seringkah ketika kamu selesai mengkonsumsi Nasi Bikin Ngantuk dan kamu merasa ingin sekali memejamkan mata dan pergi tidur

Siapa yang tidak kenal dengan makanan pokok dari indonesia ini yaitu Nasi putih yang pulen. Tidak hanya ditemukan di indonesia saja namun hampir seluruh asia tenggara juga menggkomsumsi nasi yang berkarbohidrat ini.

Orang indonesia sendiri mengatakan bahwa jika memakan sesuatu tanpa nasi tidak bisa kenyang. Namun setelah makan nasi hal yang akan kamu rasakan adalah rasa ngantuk dan juga rasa lelah serta lemas yang berlebih.

Hal ini disebabkan karena adanya reaksi yang diterima oleh tubuh kita pada organ pencernaan kita. Terjadinya proses kimia dalam tubuh menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa ngantuk yang berlebih setelah makan.

Nasi putih sendiri dikenal memiliki kalori yang cukup tinggi namun sangat baik untuk tubuh. Kalori yang dimiliki akan menjadi jahat jika dikonsumsi berlebih dan dalam nasi terdapat karbohidrat yang menjadi bahan bakar.

Tubuh kita memiliki energi untuk bisa bergerak didapatkan saat memakan nasi karena karbohidratnya. Nasi sendiri memiliki kandungan yang juga lengkap protein, vitamin D, zat besi, serat, kalsium, riboflavin, dan tiamin.

Kandungan yang sangat banyak ternyata dimiliki oleh nasi dan terlalu banyak tidaklah bagus. Nasi Bikin Ngantuk jika dimakan dalam jumlah yang banyak hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi dalam tubuh.

Dengan gula yang tinggi tubuh akan merasa mengantuk dan terlalu kenyang membuat sulit bergerak. Tidak bergerak dan melakukan aktivitas akan membuat tubuh menjadi rilex dan rasa mengantuk juga bisa muncul.

Nasi Bikin Ngantuk

Penyebab utama kamu mengantuk setelah makan nasi dikarenakan nasi memiliki Index Glikimek. Kandungan Index Glikimek ini menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan ini penyebab dari ngantuk.

Kandungan Index yang tinggi pada nasi ini bisa dihilangkan dengan mengurangi porsi makan nasi. Semakin banyak nasi yang masuk kedalam tubuh maka akan cepat reaksi kamu mengantuk dan tubuh merasa letih.

Gula yang berlebih ini tentu saja akan membuat pankreas menghasilkan Insulin yang meningkatkan triptofan. Hormon triptofan ini akan membuat tubuh menjadi merasa nyaman dan akhirnya mata terpejam dan ngantuk.