Pelopor Cuci Tangan Yang Menjadi Ikon Google Hari ini

Kenapa harus mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan dibilas dengan air bersih ternyata Pelopor Cuci Tangan adalah Ignaz Semmelweis

Cuci Tangan

Dunia saat ini sedang dihebohkan dengan salah satu virus yang sangat mematikan dibanding SARS. Virus yang diberi nama COVID 19 atau yang dikenal CORONA merupakan virus yang diketahui berasal dari Wuhan.

Saat ini semua sudah menyebar dan korban jiwa yang sudah sangat banyak membuat dunia panik. Asia dan Eropa tidak luput dari cepatnya virus ini menyebar sehingga banyak kegiatan terpaksa ditunda dan harus berhenti.

Acara Olahraga sepak bola, balapan, dan lainnya juga dihentikan dan kontak fisik juga dilarang. Untuk menjaga kebesihan diri tentu saja kita selalu diingatkan untuk mencuci tangan dan membersihkan diri kita.

Mencuci tangan sering diajarkan oleh orang tua dan juga guru disekolah karena sangat penting. Sebelum makan ingat mencuci tangan, Setelah buang air jangan lupa untuk mencuci tangan bahkan saat ingin berdoa.

Kebersihan itu sebagian dari iman katanya, membahas tentang mencuci tangan, Sering dilakukan bahkan banyak yang masih salah dan malas untuk mencuci tangan sampai bersih bahkan hanya membilas lewat saja.

Hari ini jika kalian membuka google akan muncul doodle seorang tokoh orang tua berkumis. Siapakah dia dan apa yang dirinya lakukan sehingga bisa masuk kedalam doodle google apakah dirinya seorang yang berjasa.

Dirinya dikenal dengan nama Ignaz Semmelweis seorang dokter dan Pelopor Cuci Tangan. Ignaz Semmelweis seorang yang berjasa dimana dirinya mengajarkan kita untuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

Pada tahun 1847 Kepala Residen di klinik bersalin Vienna General Hospital mencuci tangannya. Manfaat yang bisa didapatkan dengan mencuci tangan yang mampu mengurangi penularan penyakit dari sentuhan tangan kotor.

Abad 19 muncul wabah aneh dan juga misterius di Eropa yang terjadi kepada ibu yang melahirkan. Tenyata setelah diselidiki dan dicari penyebabnya ternyata dokter membawa bakteri dan virus berbahaya.

Pelopor Cuci Tangan

Menyentuh pasien satu dengan yang lainnya sehingga tangan menjadi sangat kotor dan tidak steril. Setelah membuat peraturan untuk mencuci tangan jumlah korban berkurang dan saat ini menjadi prosedur wajib.

Ide yang disampaikan Ignaz Semmelweis pada awalnya tidak diterima dan ditolak saat konfernsi dokter. Tenyata setelah lama berlalu mencuci tangan merupakan cara menangani menjadi terkenal karena dipuji Joseph Lister.

Joseph Lister merupakan seorang Bapak Antiseptik Modern yang merevolusi dunia kebidanan. Saat ini virus corona juga berkembang dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan rajin mencuci tangan.