Pohon Penghasil Sirup Yang Tumbuh Subur Di Kanada

Biasnya pohon memiliki getah yang bisa menyebabkan rasa gatal ketika menyentuh kulit namun ada juga Pohon Penghasil Sirup

Pohon Sirup

Rasa manis dan sangat disukai oleh anak anak bahkan orang dewasa menyukai yang manis. Memang tidak baik jika mengkonsumsi yang manis secara berlebihan dan sekidit mengkomsumsi bisa berkhasiat untuk tubuh.

Pernahkah kalian melihat sebuah pohon dimana jika biasanya digores akan mengeluarkan getah. Getah yang keluar dari pohon juga ada beberapa jenis yang bermanfaat dan juga ada yang dikeluarkan untuk melindungi diri.

Tidak hanya hewan yang melindungi diri saja jika terancam bahkan tumbuhan juga melakukannya. Getah yang keluar dari pohon tergantung jenisnya seperti pohon karet yang getahnya dikumpul untuk diolah.

Pohon karet tentu saja getahnya bisa diambil untuk dioleh menjadi berbagai jenis barang. Salah satunya ban mobil dan juga bahkan permen karena yang biasanya kalian kunyah berasal dari getah pohon karet.

Memang getah yang terkenal kulit bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Namun ada juga getah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi obat tradisional yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Atau mungkin kalian pernah mendengarkan Sirup maple yang manis ternyata berasal dari pohon. Pohon yang mampu menghasilkan cairan manis ini memang seperti pohon mimpi namun ini sungguh ada dibumi.

Pohon maple yang biasanya bisa dengan mudah ditemukan di Kanada mampu menghasilkan sirup. Sirup maple yang biasa dikonsumsi itu berasal dari pohon maple yang sangat manis dan menjadi pohon nasional Canada.

Tinggi pohon ini tentu saja cukup menakjubkan bisa mencapai 10 sampai 45 meter tingginya. Namun untuk batangnya berukuran kecil dengan diameter 10 meter dan juga ada beberapa jenis pohon maple di kanada.

Pohon Penghasil Sirup

Acer saccharum merupakan salah satu pohon yang mampu menghasilkan maple yang manis. Getah yang dihasilkan dari pohon ini memiliki rasa yang manis dan memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengambil getahnya pohon akan dilubangi dan dipasang selang untuk mengambil getahnya. Dibagian bawah Pohon Penghasil Sirup ini diberikan ember sehingga sirup menetes kedalam ember yang disediakan.

Getah yang sudah dikumpulkan akan dimasak untuk hilangkan kadar air dan menaikan kadar gula. Jika dalam getah hanya terdapat 2-3% gula jika dipanaskan maka gula akan mencapai 8% dan getah akan berubah warna.