Relief Panil Kalpataru yang Sangat Unik Dan Bersejarah

Indonesia sangat banyak peninggalan sejarah yang menakjubkan salah satunya dalah Relief Panil Kalpataru yang berada di candi prambanan

Relief Kalpataru

Indonesia dulunya sangat banyak kerajaan besar yang bahkan menyebar dengan sangat cepat. Namun tidak berlangsung lama sejak kedatangan penjajah semua menghilang dan hanya meninggalkan sedikit buktinya.

Ada yang hancur termakan jaman ada juga yang terkubur dan tidak diketahui lagi keberadaannya. Peninggalan yang paling menakjubkan adalah candi dan juga prasasti yang memberi sedikit rahasia dahulu.

Dengan sedikit bukti ini kita tahu bahwa dulunya indonesia mempunyai banyak kerajaan besar. Perkembangan agama hindu sudah dulu ada di indonesia lalu akhirnya berbaur dan sekarang sudah beragam agama.

Saat ini untuk bisa melihat peninggalan sejarah berupa relief dan juga patahan pada candi. Kita masih berkesemaptan untuk melihat hal yang menakjubkan ini dan kamu bisa pergi mengunjungi candi di yogyakarta.

Adanya candi prambanan dan 240 candi diantaranya ada tiga candi yang ukurannya sangat besar. Dalam agama hindu ada tiga dewa besar yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa dilambangkan candi besar.

Setiap candi diberikan namanya seperti candi siwa akan diberi nama rumah siwa atau Siwargha. Jika kalian memasuki area candi kalian akan melihat Relief Panil Kalpataru yang berupa sebuah ukiran pohon besar.

Pohon yang dianggap suci oleh umat hindu dan dipercaya ada liam tanaman yang suci. Salah satunya adalah pohon kalpataru dan keempat tanaman suci lain adalah Haricandana, Mandana, Parijata, Santanu.

Relief Panil Kalpataru

Jika dihitung panel yang memiliki motif pohon kalpataru mencapai 135 panel jumlahnya. Uniknya relief ini tidak hanya bisa ditemukan dicandi prambanan saja namun Candi Pawon Magelang dan dua candi lagi.

Tepatnya satu ada di tangga Candi Gana dan Candi Merak di Klaten terukir dengan jelas pohon suci ini. Selain gambar pohon dalam candi prambanan juga terdapat kisah ramayana yang berada dicandi siwa dan candi brahma.

Sedangkan untuk candi Wisnu ada cerita tentang Kresnayana dan semua candi ada ukiran unik. Tidak hanya pohon namun juga ada bunga dan tumbuhan yang membuat candi ini semakin indah dan terlihat megah.