Seni Menggunting Kertas Ternyata Ada juga di Negara Jepang

Disekolah kita diajarkan melipat kertas atau origami yang berasal dari jepang ternyata ada juga Seni Menggunting Kertas dari Jepang

Kalian pasti sangat familiar dengan kata Origami yang juga merupakan kesenian melihat kertas. Seni melipat kertas ini ternyata sudah ada lama di negara matahari terbit Jepang yang sudah banyak dikenal seluruh dunia.

Tidak hanya melipat kertas menjadi bentuk yang lucu dan juga ada bentuk yang sangat sulit dibuat. Di negara jepang ini juga memiliki satu jenis lagi kebudayaan lagi yang menggunakan kertas yaitu seni menggunting kertas.

Banyak yang tidak tahu bahwa Origami itu ternyata salah penulisannya yang sebenarnya adalah Orikami. Ori yang berarti Lipat dan Kami yang memiliki arti kertas jadi orikami yang memiliki arti seni melipat kertas.

Sedangkan seni menggunting kertas dikenal dengan Kirigami yang terbagi menjadi dua kata. Kiru yang mempunyai arti potong atau gunting dan arti dari kami yaitu kertas yang tentu saja kesenian yang sangat berbeda.

Dalam seni orikami hanya diperbolehkan melipat kertas tanpa bantuan barang lain seperti Lem. Sedangkan untuk Kirigami harus mengikuti pola yang sudah dibuat dan digunting namun sebelumnya juga ada lipatan.

Ada beberapa teknik dasar untuk kesenian Kirigami ini yaitu 9 tahap lipatan bentuk dasar. Biasanya beberapa lipatan ini akan ditandai dengan menggunakan pensil terlebih dahulu untuk dibuat pola sebelum digunting.

Untuk memotong kertas tidak selalu menggunakan gunting namun juga menggunakan cutter. Kesenian serupa ini juga ada diperagakan oleh China dan Jerman yang dijuluki Scherenschnitte dijepang sendiri ada filosofinya.

Seni Menggunting Kertas

Seni Menggunting Kertas Yang Mengandung Filosofi

Kirigami sendiri memiliki Filosofi kemakmuran, kesempurnaan, sampai hubungan manusia dengan alam semesta. Kertas yang digunakan juga bukan kertas biasa kita gunakan dalam pembuatan ini kertas Washi.

Washi sendiri kertas yang dibuat dari kayu gampi , dan ada juga yang menggunakan bahan lain. Seperti Kertas aluminium dan Kertas bambu dan dijepang sendiri kesenian ini sangat dijaga dan masuk pelajaran sekolah.

Alasan memasukannya kedalam mata pelajaran disekolah jepang karena banyak manfaatnya. Dengan mempelajari Kirigami akan menambah kemampuan motorik, pengelihatan, kemampuan merencanakan sesuatu.