Seruput Mie Jepang Sangat Jelas Terdengar Mengapa Dilakukan

Banyak yang mungkin masih belum mengetahui kenapa jika Seruput Mie Jepang menjadi sangat unik apalagi cara untuk mengkonsumsinya

Seruput Mie

Setiap negara memiliki mie dan cara makan yang terbilang sama yaitu makan dengan diam. Namun berbeda dengan satu negara di Asia yaitu jepang memiliki cara memakan mie yang sangat berbeda dan unik.

Keunikan dari cara mengkonsumsi mie dengan cara diseruput ini dengan cepat dan bersuara. Suara dari memakan mie yang cukup keras ini ternyata memiliki makna yang sangat sangat special dan khusus untuk makan mie.

Tidak hanay bisa dilihat dari animasi jepang yang sudah sangat terkenal diseliruh negara luar. Kebiasaan ini ternyata hanya berlaku untuk mengkonsumsi mie saja dan makanan lain tetap dimakan tanpa suara.

Makna dari menyantap mie sambil diseruput dengan suara keras adalah bentuk penghormatan. Sekaligus menyatakan bahkan makanan yang dimasaka oleh koki sangat enak sehingga dimakan dengan bersuara.

Bahkan cara menyantap mie ini memiliki penjelasan ilmiah kenapa mie dimakan diseruput. Hal ini dikarenanya banyak orang jepang yang makan mie Soba dan ketika menyeruputnya dengan cepat rasa soba lebih enak.

Mie Soba cara menikmatinya melalui mulut bukan dari hidung sehingga harus diseruput. Tidak memiliki aroma yang kuat sepreti mie lainnya Soba sendiri tidak memiliki aroma khas seperti zaman dahulu saat pakai bambu.

Mie soba akan lebih enak jika dimakan secara cepat dan diseruput sehingga mie dan kuah bersatu. Banyak dari soba yang dimakan tanpa kuah yang menggunakan uap enak sehingga mie dirasakan didalam mulut saja.

Soba sendiri muncul dijaman kota edo yang saat ini dikenal ibu kota Tokyo di abad 17. Awalnya soba sendiri menjadi mie pendamping udon namun lebih populer soba sehingga lebih banyak toko menyajikan menu soba.

Seruput Mie Jepang Berada di Level Yang Berbeda

Penjual mie soba di jepang sangat unik biasanya dijual dengan gerobak kecil pada malam hari. Menjadi salah satu makanan street food yang sangat populer dan tidak boleh ketinggalan saat ini juga terjual di restoran jepang.

Diawal cara makan yang diseruput ini ternyata dianggap mengganggu dan tidak sopan oleh orang jepang. Dikarenakan soba termasuk makanan jalanan sehingga tidak memerlukan etika makan seperti biasanya.

Selain itu kedai mie biasanya tempat untuk makan cepat dan langsung pergi tanpa waktu lama. Hal ini yang menjadikan seruput mie sangat berkembang dijepang dan tidak menjadi masalah hanya untuk mie.

Seruput Mie Jepang

Ternyata kebiasaan menyeruput mie ini ternyata dibuat oleh orang jepang juga sendiri. Perkembangan zaman yang terjadi membuat semua orang memakan mie dengan cara seruput hampir disetiap hidangan mie.

Mie yang diseruput ternyata lebih cepat dingin dan kuah kaldu bisa lebih menempel. Dibandingkan dengan mengangkatnya dahulu lalu meniup mie baru dimakan akan membuat cita rasa dari mie hilang dan juga berkurang.

Walaupun cara makan mie yang dilakukan oleh orang jepang dianggap sebagai hal yang wajar. Negara lain justru merasa cara makan mereka berada di level atas karena tidak biasa dilihat dan ada cara khususnya.

Di seluruh dunia memiliki cara memakan mie dan aturan saat berada di meja makan. Indonesia sendiri biasanya memakan mie menggunakan garpu bahkan dimakan dicampurkan bersama dengan nasi putih hangat.