Siput Melakukan Hibernasi Dalam Waktu yang Sangat Lama

Kalian semua pasti tidak pernah mengatahui bahwa hewan Siput Melakukan Hibernasi seperti hewan mamalia besar dimusim dingin tiba

Siput Hibernasi

Hewan bercangkang dan berjalan dengan mengeluarkan cairan yang lengket dan amis. Kemampuan melindungi diri dengan cangkang keras karena memiliki tubuh yang sangat lunak dan sering dianggap hama.

Siput merupakan jenis hewan yang sering dijumpai di persawahan dan dianggap hama oleh petani. Hewan bercangkang ini sangat suka merusak tanaman yang membuat kerugian sehingga sering ditangkap dan dijual.

Walaupun merugikan jika panen gagal namun siput sendiri memiliki rasa yang enak jika diolah. Di Indonesia sendiri siput menjadi olahan dengan bumbu masakan sederhana yang rasanya enak dan juga sangat lezat.

Setelah makan tentu saja tubuh akan merasa kenyang dan tubuh meminta untuk beristirahat. Makhluk hidup membutuhkan tidur untuk membuat energi kembali pulih sehingga bisa beraktifitas setelah cukup beristirahat.

Biasanya hewan mamalia seperti beruang akan melakukan hebernasi untuk waktu lama. Hibernasi biasanya dilakukan hewan dengan waktu tidur yang cukup lama biasanya untuk melewati musim dingin yang dingin.

Namun ternyata hewan siput ini memiliki kemampuan untuk terus bekerja selama 30 jam lebih. Tanpa beristirahat dan tanpa lelah siput bisa beraktivitas dalam waktu yang sangatlah lama dibanding manusia.

Untuk memulihkan tenaganya siput akan melakukan hibernasi yang cukup lama bisa mencapai tiga tahun. Diketahui bahwa Siput Melakukan Hibernasi jika tempat tinggalnya tidak lembab atau terlalu ekstrim.

Didalam cangkangnya siput akan mengeluarkan lendir yang melindungi dirinya dari cuuca extream. Biasanya siput akan keluar jika keadaan lingkungannya sudah membaik dan siput akan keluar mencari makan.

Siput Melakukan Hibernasi

Namun selain hewan mamalia yang bisa hibernasi tenyata hewan reptil juga melakukan hibernasi. Hewan hewan yang berdarah dingin seperti kura kura, penyu, dan buaya sangat bergantung pada suhu lingkungan.

Kegiatan hibernasi yang dilakukan oleh reptil disebut dengan brumasi dimana pertumbuhan melambat. Biasanya hewan yang melakukan hibernasi akan menggunakan waktunya untuk tidur untuk hemat energi.

Biasanya reptil akan mencari tempat yang hangat dikarenakan mereka hewan berdarah dingin. Dalam Brumasi reptil akan lemas dan jantungnya lemah namun pernafasan mereka lancar karena menggunakan kulit.