Soun dan Bihun Ternyata Tidak Sama Bahan Dasarnya

Tidak Sama Bahan Dasarnya Ternyata Soun dan Bihun memiliki rasa yang lezat dan memiliki penikmat serta penggemar masing masing

Memiliki rasa yang unik dan tektur yang sangat cocok ditambahkan ke soto maupun misop atau Bakso. Dan memiliki bentuk yang mirip namun teksturnya ada yang lebih keras dan juga ada yang lembek cukup berbeda.

Jika kering kita dapat dengan jelas membedakan mana yang soun dan mana yang Bihun. Memiliki warna yang lebih putih pada saat sering dipastikan adalah Bihun dan bihun sendiri memang lebih keras tekturnya.

Sedangkan untuk warna yang lebih transparan maka dipastikan bahwa itu adalah soun. Bahan dasar untuk pembuatan soun ternyata dari bahan alami seperti singkong dan jika sudah dimasak akan lebih mudah hancur.

Ada juga Bihun atau soun yang terbuat dari bahan lain yaitu Bihun yang terbuat dari Tepung Beras. Sedangkan Untuk soun terbuat dari sari pati kacang hijau yang lebih sehat dan memang lebih banyak dikonsumsi.

Cara untuk mengkonsumsi juga sangat mudah yaitu memasaknya tidak sampai 1 menit sudah bisa disantap. Sebelum dimasak dipastikan bahwa Soun atau bihun sudah direndam didalam air biasa terlebih dahulu.

Proses perendaman soun memerlukan waktu yang lebih lama sekitar 15 menit untuk bisa dimasak. Untuk Bihun proses perdaman termasuk cukup singkat hanya butuh 5 menit saja sudah bisa untuk dijadikan makanan.

Proses masaknya tidak boleh terlalu lama atau tidak akan berbentuk lagi dan tidak enak untuk dimakan. Sedangkan Tektur setelah dimasak soun akan mejadi sangat licin dan lembek sehingga tidak enak dimakan lagi.

Tektur Bihun yang dimasak harus pas karena bisa keras pada bagian tengah dan tidak enak untuk dikonsumsi. untuk bihun sendiri tidak terlalu licin seperti soun jika sudah dimasak namun proses memasak dilihat lagi.

Proses mengolah dan memasak bihun dan soun memang tidak mudah karena bisa lengket. Wajan tidak boleh terlalu panas dan juga tidak boleh terlalu dingin sehingga saat dicampur telur atau daging matang bersama.

Kandungan Nutrisi Soun dan Bihun sama dalam Porsi 180 gram :

  • Karbohidrat yang rendah lemak.
  • Anda bisa mendapatkan 192 kalori,
  • 44 gram karbohidrat,
  • 1,8 gram serat,
  • dan 33 mg natrium (garam)

Tidak Ketinggalan juga Vitamin dan Mineral yang Komplit seperti vitamin B kompleks. (termasuk niasin, riboflavin, dan folat) serta mineral seperti fosfor, kalsium, dan magnesium yang terkandung dalam jenis mie ini.

Kedua jenis makanan ini dapat dikonsumsi untuk menambahkan Energi karena Karbohidratnya. Dibandingkan dengan Nasi tentu saja kedua makanan ini lebih rendah lemak dan bagus untuk mengganti nasi.

Nilai glikemik bihun adalah 53, sementara nilai IG soun adalah 39 , Nilai Glikemik ini yang harus dilihat. Untuk Nasi nilai IGnya 73 namun dengan cara memasaknya yang harus dipertikan seperti yang sudah kami jelaskan.

Dengan cara memasaknya dapat mempengaruhi IG nya karena mencampurkan dengan Daging maupun sayur. Cara pengolahan bisa membuat makan sehat atau tidaknya saun dan bihun untuk dikonsumsi.