Terowongan Terpanjang Indonesia Yang Melewati Dua Gunung

Banyak yang masih belum mengetahui bahwa ada Terowongan Terpanjang Indonesia yang melewati dua buah gunung untuk sampai tujuan

Siapa yang sudah pernah melewati jalan tol yang memang dibuat untuk mengurangi kemacetan. Jalan Tol sendiri juga merupakan jalan bebas hambatan yang hanya diperuntukan kepada pengemudi roda empat.

Tahukah kamu biasanya jalan tol dibuat untuk menyambung beberapa jalan yang jaraknya jauh. Dengan menggunakan tol bisa membuat jarak tempuh kendaraan bisa dipersingkat dan juga bisa hindari kemacetan.

Jalan tol sendiri dibangun biasanya dibeberapa wilayah yang memiliki area yang terbuka. Namun ada satu jalan tol yang sangat unik dan ada di Indonesia dimana jalan tol ini memiliki terowongan yang sangat panjang.

Terowongan ini melawati dua buah gunung dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Nama dari jalan tol ini adalah tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan saat ini tol tersebut sudah bisa digunakan.

Hampir disetiap spot dalam jalan bebas hambatan ini memiliki daya tarik tersendiri yang menarik. Terowongan tersebut memiliki panjang 472 meter dan menembus bukit yang berada diperbatasan daerah Sumedang.

Dalam pembangunan tidak menemukan halangan yang berarti dan menyambungkan bandung sumedang. Tol ini juga dibuat untuk mengurangi beban dari lalu lintas Jalan Cadas Pangeran yang ramai.

Jalan Tol ini juga telah disambungkan dengan Tol Cikampek – Palimanan serta Tol Trans Jawa. Tahun 2020 tol ini akan dipastikan bisa digunakan secara aman oleh seluruh penduduk yang akan melewati jalur tol ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga meminta proses jalan dipercepat. Dan ini akan menjadikan tol dengan terowongan yang paling panjang yang ada di indonesia untuk pertama kalinya.