Tradisi Minum Tegal Yang Dikenal Mirip Makanan Khas Jepang

Sebuah Tradisi Minum Tegal yang memiliki nama unik seperti salah satu makanan khas dari negara jepang yang dibuat dari tepung ketan

Negara Indonesia memang sangat suka dan juga terkenal meminum teh disetiap hari. Memang tidak ada memungkiri minuman kopi sangat tidak jarang ditemui dan banyak dijual di warung pinggir jalan dan murah.

Tradisi meminum teh memang bukan tradisi seperti negara china, Jepang, atau Kerajaan inggris. Ada diketahui bahwa disalah satu kecamatan yang ada di Indonesia memiliki sebuah tradisi minum teh yang dikenal Moci.

Mendengar kata moci pasti langsung teringat dengan makanan kahas negara bunga sakura. Terbuat dari tepung ketan yang kandang ada diberikan isian dan ada yang kosong saja dan memiliki rasa kenyal.

Namun di salah satu kecamatan yang ada di Kota tegal memiliki tradisi minum teh dari poci. Penduduk disana menyebutnya poci dan memiliki makna dan simbol tersendiri untuk para penduduk yang ada disana.

Walaupun bukan termasuk daerah dataran tinggi kecamatan ini terkenal dengan pabrik tehnya. Pabrik yang sudah berdiri sejak zaman belanda ini memang memproduksi teh dan gula yang memunculkan tradisi minum ini.

Sampai saat ini minum teh sudah menjadi hal yang biasa ditemukan saat berkunjung ke Tegal. Teh yang menggunakan Poci yang dibuat sendiri dan mencampurkan Teh Dan Gula menjadikan Semua minuman yang nikmat.

Karena terkenal dengan Teh dan Pocinya sampai kamu disana pasti akan melihat tugu Poci besar. Filosofi dari minum teh poci ini memiliki makna kehidupan yang sangat mendalam diawali pahit nanti akan berbuah manis.

Saat meminum teh ini dituangkan ke cangkir dan memasukan gula batu tidak boleh diaduk. Nanti teh diminum akan berasa pahit dan akan diakhiri rasa manis karena gula batu sudah larut bersama dengan panasnya teh.