Wah,Ini 5 Buah Yang Kulit Paling Baik Di Konsumsi!

Hobi Berita –¬†Buah seperti apel beberapa orang menyukai kulitnya dikupas sebelum dikonsumsi tapi ada juga yang lebih memilih langsung dimakan.

buah-buahan

Tidak ada yang salah bagaimana buah tersebut dikonsumsi namun bagi yang ingin mendapat manfaat ekstra kulitnya juga bisa digunakan.

Seperti dikatakan oleh nutrisionis Kimberly Snyder, di dalam kulit bisa terdapat serat atau vitamin yang lebih banyak dibandingkan bagian lain dari buah. “Kulit bisa mengandung sampai tiga hingga empat kali lipat konsentrasi serat daripada isi buah,” ujar Kimberly seperti dikutip dari Medical Daily, Selasa (13/12/2016).

Bila seseorang mau berkreasi maka kulit buah bisa saja dimanfaatkan. Dikutip dari berbagai sumber beberapa kulit buah tersebut diantaranya seperti:

1. Apel

Di dalam kulit apel terdapat senyawa pektin yang dapat membantu mengontrol kolesterol dan juga gula darah. Selain itu kulit apel juga kaya terhadap antioksidan seperti quercetin yang dalam beberapa studi efeknya terlihat baik untuk sel kanker dan memori otak.Kulit apel juga bisa mengandung total dari setengah serat buah. Artinya bila sebutir apel memiliki serat sebanyak 4,4 gram, sekitar 2,1 gram serat tersebut berada di kulit.

2. Pisang

Selain serat pisang kaya akan kandungan potasium dan serotonin. Potasium penting untuk proses metabolisme tubuh sementara serotonin berhubungan dengan perasaan bahagia dan nafsu makan.Dengan mengonsumsi kulit pisang, bisa dijus atau diolah dengan cara lain, seseorang dapat mendapatkan manfaat merasa kenyang lebih lama dan juga meringankan masalah pencernaan.

3. Kiwi

Kulit buah kiwi meski tebal dan berbulu bukan berarti tidak bisa dimakan. Studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah kiwi yang berkulit seseorang bisa mendapatkan serat tiga kali lebih banyak dibandingkan mengonsumsi buah yang telah dikupas.Mengonsumsi kulit buah kiwi juga akan membuat asupan vitamin C yang lebih banyak.

4. Jeruk

Kulit buah jeruk kalau digigit langsung akan terasa asam dan pahit, hal itu menurut Kimberly karena di dalamnya terkandung konsentrasi tinggi vitamin C. Selain itu terkandung juga vitamin A, B, dan beberapa mineral seperti kalsium serta selenium.

5. Pepaya

Selain mengandung berbagai vitamin kulit pepaya juga bisa mengandung enzim protease seperti papain dan chymopapain. Enzim tersebut memiliki sifat antifungi, antibakteri, dan antivirus.Oleh karena itu beberapa produk kecantikan ada yang menggunakan pepaya sebagai krim untuk melawan bakteri-bakteri kulit.